4 Tips Dalam Membangun Roof Garden

4 Tips Dalam Membangun Roof Garden

SHARE
roof garden

Tips Simpel Membangun Roof Garden

4 Tips Dalam Membangun Roof Garden – Salah satu kendala hidup di Kota-kota besar adalah tidak banyak lahan yang tersedia untuk menanam tumbuhan hijau, khususnya di perumahan-perumahan saat ini. Namun, walaupun begitu, keterbatasan lahan bukanlah alasan untuk membuat area hijau di sebuah hunian. Di era modern saat ini, ada berbagai macam cara yang dapat anda pilih untuk “menghijaukan” hunian, dan salah satu cara yang bisa dipilih adalah dengan menggunakan konsep roof garden.

Dengan konsep roof garden, saat ini tengah menjadi tren di masyarakat, mengingat isu pemanasan global yang sedang hangat saat ini. Hal tersebut mendapat respon positif dari berbagai kalangan, hal tersebut bisa dilihat dari mulainya perkantoran, mall dan hotel yang sudah mengaplikasikan konsep tanaman hijau dengan roof garden ini.

Saat ini, tidak hanya mall, kantor, ataupun gedung-gedung saja yang menerapkan roof garden, rumah-rumah tinggal pun sudah ada yang menerapkannya. Namun, bila anda ingin menerapkan roof garden di dalam rumah anda, berikut tips-tipsnya :

4 Tips Dalam Membangun Roof GardenKekuatan dak atap rumah
Hal terpenting yang harus diperhatikan apabila ingin menerapkan roof garden adalah kekuatan atap rumah anda, pastikan atap rumah cukup kuat dalam menahan beban. Sebab, kalau sudah ada roof garden, maka akan ada beban tambahan pada atap rumah.

Lapisan waterproofing
Untuk mengantisipasi kebocoran pada atap, lapisilah dak beton dengan material waterproofing lebih dulu untuk mencegah rembesnya air ke dalam ruangan.

Saluran drainase
Ada baiknya membuat instalasi air bersih dan pembuangan kotor, tambahkan kerikil, pasir dan batu apung agar air mudah mengalir ke lubang saluran pembuangan. Kemudian lapisi dengan ijuk yang berfungsi menahan butiran tanah agar tidak menyumbat saluran pembuangan.

Tinggi Lapisan Tanah
Buatlah lapisan paling atas taman dengan menggunakan campuran tanah dengan pupuk kompos. Tinggi lapisan tanah cukup 5 hingga 15 cm saja. Kemudian tanami rumput dan tanaman sesuai selera. Anda juga bisa melapisi dak dengan lantai kayu untuk meminimalisir perawatan (maintanance). Terakhir, letakkan pot berisi tanaman berbunga di tepi taman atau tanaman rambat pada pagar pembatas.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Ruangan Lebih Terang Dengan Skylight, Tips Agar Taman Menjadi Lebih Nyaman, dan Cara Mudah Berkebun Dengan Wick System. Selamat membaca, Happy design 🙂

Sumber : www.majalahasri.com

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS