Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan

SHARE
atap baja ringan
atap baja ringan

Mengenal Fungsi Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan – Seringkali kita mendengar berita rubuhnya atap rumah yang disebabkan tidak kuatnya atap baja ringan dalam menopang beban. Namun, setelah dipikir-pikir apa benar? Apa benar atap baja ringan tidak mampu menahan beban atap  bagunan?? Atau cara pemasangannya yang salah, atau teknisinya yang tidak mengetahui bagaimana cara memasang atap baja ringan?

Dari beberapa sumber, salah satunya dari iDEA, ternyata kontruksi atap baja ringan memang harus sangat diperhatikan, diperhitungkan dengan sangat cermat, dan atap baja ringan ini memang tidak boleh diperjual belikan per komponen. Banyak yang bertanya apa bedanya atap baja dengan kayu?? Bedanya adalah kayu memang material yang kuat dan mampu menahan/ menopang bobotnya sendiri, sedangkan baja ringan adalah material yang juga kuat karena kesatuan system dan perhitungan bobot yang cermat oleh para professional.

Lantas, adakah cara untuk mengetahui baja ringan dengan kualitas yang baik?? Menurut Lucia Karina, Country VP Corporate & External Affairs PT.BlueScope Lysaght Indonesia, yang kami lihat pernyataannya dari iDEA, menyatakan bahwa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh kita masyarakat umum ketika akan membeli maupun menggunakan baja ringan dalam membangun rumah/hunian.

Pertama,, kita sebagai konsumen, ada baiknya mencari tahu terlebih dahulu mengenai track record dan kredibilitas kontraktor/perusahaan yang akan membangun hunian. Kenapa?? Agar kita selaku konsumen tidak dikelabui oleh produsen “nakal”. Alasannya adalah karena banyak produsen dan kontraktor yang tidak memiliki pengetahuan yang jelas tentang kuda-kuda baja ringan, hal inilah yang menjadi salah satu sebab rubuhnya atap baja ringan di beberapa bangunan.

Kedua,, Masih menurut Lucia Karina,, Pastikan anda mendapatkan garansi dari perusahaan yang mengerjakan kontruksi baja ringan. Hal ini untuk berjaga-jaga, dan agar anda mendapatkan jaminan keamanan serta perawatannya dari pihak produsen atau kontraktor.

Ketiga,, pastikan pengawas atau supervisi yang mengawasi jalannya pembangunan atap baja ringan adalah orang yang memang paham dan mengerti tentang baja ringan. Jangan gunakan mandor lepasan tanpa pengetahuan yang jelas, mandor yang bertanggungjawab harus paham tentang teknik pemasangan dan konstruksi baja ringan. Selain kesalah perhitungan dan desain,human error merupakan kesalahan yang paling banyak terjadi. Karenanya, hal ini perlu disikapi dengan cermat dan bijak.

Keuntungan Dalam Menggunakan Baja Ringan

Ada beberapa keuntungan bila kita menggunakan baja ringan, apa saja itu? berikut informasinya

  1. Baja ringan memiliki umur ketahanan hingga 25 tahun. Berbeda dengan kayu yang harus diganti setiap beberapa tahun, bila kita menggunakan baja ringan, konsumen tidak harus mengganti komponennya satu per satu.
  2. Baja ringan juga terhindar dari rayap, kita tahu, bahwa kayu dapat keropos oleh rayap, sedangkan baja ringan, rayap pun tidak suka.
  3. Baja ringan lebih presisi. Maksudnya?? Maksudnya, baja bersifat homogen sementara kayu heterogen. Hal ini membuat prosesi pengerjaannya lebih kompleks dibandingkan baja ringan. Mulai dari pemotongan, pengasahan, dan pengukuran yang akan memakan waktu. Di sisi lain, pembuatan baja ringan jauh lebih ringkas.
  4. Tahukah anda, kalau baja ringan memberikan dampak yang positif bagi lingkungan terutama bagi penghijauan. Kenapa begitu?? Seperti yang dijelaskan diatas,  kalau Baja ringan memiliki ketahanan hingga 25 tahun sementara kayu maksimal setiap 2 tahun harus dilakukan penggantian yang berarti memakan banyak biaya dan material sementara ketersediaan kayu sendiri terbatas.

Itulah beberapa informasi dan tips seputar atap baja ringan. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai bahan tirai, warna tirai, dan home teater. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY