Bagian Tirai Jendela

Bagian Tirai Jendela

SHARE
tirai jendela

Mengenal Bagian Tirai Jendela

Bagian tirai Jendela – Setelah mengetahui tirai, dan jenis-jenisnya, maka akan kurang lengkap rasanya, bila tidak mengetahui bagian tirai. Apa itu bagian tirai?? Pada prinsipnya tirai jendela memiliki dua bagian, yaitu kepala dan badan. Kenapa begitu?? Karena umumnya posisi tirai menggantung, bisa dikatakan tirai tidak memiliki kaki.

Nah, agar tirai terlihat cantik penampilannya, tirai ini membutuhkan pelengkap lain seperti ( tie back ), pelapis, dan hook. Dengan menambahkan berbagai aksesoris, anda tidak hanya membuat tirai yang fungsional, namun juga cantik dan menarik. Yukk, kita bahas bagian tirai lebih jauh lagi, berikut informasinya :

tirai jendelaPenggantung Tirai

Apa saja yang termasuk dalam ketegori penggantung tirai?? Ada beberapa macam, diantaranya rel, tracks,  dan finial. Bisa dijelaskan apa itu rel, tracks dan finial?? Oke, berikut penjelasannya :

  1. Rel, merupakan tempat untuk hook atau pengait tirai, alat ini dipasang untuk mempermudah kita membuka dan menutup tirai jendela. Selain bisa dibiarkan terbuka, rel juga dapat disembunyikan dibalik heading atau pelmet. Bagaimana cara menyembunyikan rel?? salah satu pilihannya adalah dengan meletakkan rel di balik plafon.
  2. Tracks, bisa disebut juga batang penggantung tirai. Sama seperti rel, tracks dapat dipasang terbuka maupun disembunyikan dibalik heading atau pelmet. Bagaimana dengan bahannya?? Bahan apa yang digunakan?? Untuk bahan sebaiknya bahan yang dipilih disesuaikan dengan beban tirai yang digunakan. Namun, jika ingin yang kuat, bahan logam cenderung lebih kuat menahan beban, dan juga bahan kayu yang tebal.
  3. Finial ( bagian ujung rel ),, merupakan stopper atau penahan tirai agar tidak lepas dari tracks. Kini finial, tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna sehingga dapat sekaligus berfungsi sebagai pemanis. Dan bahan yang biasa digunakan adalah plastic,logam, dan kayu.

Kepala Tirai

  1. Kanopi, apa itu?? bagian atas tirai seringkali diberi penutup untuk menutupi rel dan tracks. Itulah yang disebut dengan kanopi. Awalnya kanopi hanya berbentuk papan lurus yang dilapisi kain. Kini, kanopi di desain dengan beragam variasi, terutama untuk tirai yang bergaya desain interior klasik.
  2. Pelmets, adalah bagian dari kanopi penutup tirai, berbentuk papan lurus yang biasanya terbuat dari kayu, plywood, atau MDF. Pelmets ini bisa difinishing dengan di cat atau ditutup dengan kain.
  3. Valance, adalah kain penutup bagian kepala tirai yang terbuat dari kerutan ( skirt ). Kanopi yang dilengkapi dengan valance akan menampilkan tirai yang lebih cantik, lembut, dan member kesan hangat.
  4. Swag, adalah kain panjang yang dililitkan pada track dan diatur sedemikian rupa sehingga membentuk draperi atau lilitan yang cantik sepanjang track, beberapa swag ditambahi hiasan tali di kanan-kirinya.

Itulah beberapa informasi seputar bagian tirai jendela. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai desain interior di Tangerang, tirai jendela, dan tirai. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY