Sumber Informasi dan Tips mendesain Interior Rumah Anda

Bahan Tirai

Mengenal Lebih Jauh Bahan Tirai

bahan tirai 150x150 Bahan Tirai

bahan tirai

Bahan Tirai – Seiiring berjalannya waktu, perkembangan desain interior sangat pesat, hal ini juga mempengaruhi berbagai bidang yang erat hubungannya dengan desain interior, untuk terus berinovasi, salah satunya Tirai dan blinds. Saat ini tirai dan blinds berkembang dengan cepat dan banyak sekali ragam desain atau bentuk yang begitu inovatif, begitu juga dengan bahan-bahannya.

Khusus untuk tirai, setiap jenis tirai membutuhkan bahan yang berbeda, hal ini biasa disebut lain tirai, lain pula keperluan bahannya. Contohnya apa?? curtain misalnya, memerlukan kain yang jatuh dengan lembut, sementara blinds memerlukan bahan yang lebih kaku namun tipis dan kuat. Perbedaan bahan ini juga akan mempengaruhi penampilan jendela. Namun, berbekal pengetahuan seputar material, kita bisa memilih bahan yang tepat.

Apa saja yang termasuk dalam bahan tirai itu?? ada beberapa jenis bahan yang termasuk atau bisa digunakan pada tirai, berikut informasinya :

Kain

Untuk kain ada beberapa macam, diantaranya :

  1. Satin, kain ini merupakan favorit banyak orang. Sifatnya yang mengkilat dan jatuh membuatnya cocok untuk dijadikan tirai, khususnya yang bergaya klasik. Aksen mengilat membuat bahan ini terlihat formal sekaligus elegan dan mahal. Apa sebabnya satin disukai?? Selain hal-hal yang tadi, ada sebab lain satin banyak disukai orang, yaitu, bahan ini punya jalinan benang yang rapat sehingga sangat efektif untuk menutupi jendela. Bagaimana dengan warnanya?? Untuk warna dan motifnya sangat beragam, anda bisa memilihnya yang sesuai dengan keinginan anda.
  2. Lace, bahannya yang tipis, lace atau renda sering digunakan sebagai vitrase. Kehadiran renda dapat mempermanis tampilan jendela saat tirai utama dibuka. Motif tenunan renda sangat beragam,biasanya semakin rumit desainnya, semakin mahal harganya.
  3. Tenun, kita semua mengetahui apa itu tenun, namun, apa sebabnya kalau tenun banyak disukai oleh orang untuk digunakan sebagai tirai?? Sebabnya adalah karena sifatnya yang kasar dan alami ini banyak dipilih sebagai bahan tirai rumah karena tampilannya kasual. Karena umumnya pembuatannya masih dilakukan secara tradisional ( denga tangan ), benang yang akan ditenun haruslah tebal dan kuat. Inilah mengapa kain tenun cenderung lebih tebal dan berat daripada kain buatan pabrik.

Bahan Alami

Apa saja yang termasuk ke dalam bahan alami untuk tirai? Berikut informasinya

  1. Kayu,sebagai bahan tirai, kayu umumnya dipakai untuk membuat kerai ( tirai berbentuk kisi-kisi )  dan shutter ( daun penutup jendela ). Saat akan dijadikan sirip kerai, kayu harus diubah bentuknya menjadi bilah-bilah tipis. Kerai kayu banyak disukai karena terlihat simple, dan juga mampu mengontrol cahaya dan udara yang masuk dengan baik. Disisi lain, shutter sangat efektif memberikan rasa aman dan mengurangi kebisingan.
  2. Bamboo,sama halnya seperti kayu, bamboo juga banyak diminati sebagai material kerai. Dibandingkan kerai kayu, harga kerai bamboo lebih terjangkau.
  3. Rotan, sebelum dijadikan tirai, rotan harus melalui proses pengeringan terlebih dahulu agar tidak ditumbuhi cendawan. Lantas, biasanya digunakan untuk apa rotan itu?? rotan banyak dimanfaatkan sebagai roller blinds.

Itulah beberapa informasi seputar Bahan Tirai.

 

468 ad

SEO Powered By SEOPressor