Cara Mudah Berkebun Dengan Wick System

Cara Mudah Berkebun Dengan Wick System

SHARE
wicks system

Mengenal Wick System Dalam Berkebun

Cara Mudah Berkebun Dengan Wick System – Salah satu kendala bagi setiap orang yang ingin mempunyai ‘kebun’ pribadi di rumahnya adalah karena kekurangan lahan. Namun, hal tersebut sudah bukan kendala lagi, karena seiring kemajuan teknologi ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bercocok tanam, menggunakan Wick Sysytem salah satunya.

Mungkin sebagian dari kita belum mengetahui apa itu wick system, dan bagaimana cara kerjanya? Wick system merupakan salah satu dari metode hidroponik. Wick atau lebih dikenal dengan system sumbu merupakan cara termudah dari metode atau cara hidroponik. Mudah disini mencakup kemudahan material yang tidak terlalu mahal.

System wick ini sangat cocok untuk anda coba bila ingin berkebun, terutama bagi anda yang masih pemula dalam berkebun. Dengan menggunakan system wick anda tidak perlu menggunakan listrik karena system ini menggunakan wadah untuk mengaliri nutrisi yang dialirkan melalui sumbu.

cara mudah berkebun dengan wick systemBagaimana cara kerjanya?? Untuk cara kerja dari wick system dengan menggunakan wadah seperti diatas untuk menampung air atau nutrisi yang kemudian dialiri dengan menggunakan sumbu. Akar tanaman pun dicelupkan kedalam air, namun diatas wadah diatasnya dilapisi bahan penahan air atau biasa disebut dengan media tanam, media tanam ini beragam jenisnya ada yang terbuat dari sabut kelapa, rockwool, sekam bakar dan vermiculite.

Lalu, anda bisa letakkan sumbu pada sisi bawah media tanam, ada baiknya apabila sumbu tersebut dekat dengan akar. Sementara disisi lain, pada ujung sumbu lainnya diposisikan kedalam wadah yang berisi larutan nutrisi. Dengan begitu, media tanam akan menjadi lembab dan tanaman pun akan mendapatkan nutrisi.

Bahan untuk sumbunya terbuat dari apa?? untuk bahan sumbu, tidak perlu menggunakan bahan yang sulit didapat, anda bisa menggunakan kain bekas atau sumbu kompor atau kapas. Dan untuk bahan atau material untuk media tanamnya bisa anda gunakan botol bekas yang berukuran besar. Untuk larutan nutrinya, anda bisa menggunakan ember untuk bahan materialnya. Dengan adanya wick system ini tentunya sangat memudahkan kita dalam mempunyai kebun sendiri di rumah. So, selamat mencoba 🙂

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Ingin Menerapkan Innercourt? Ini Caranya !, Ruangan Lebih Terang Dengan Skylight, dan Tips Agar Taman Menjadi Lebih Nyaman. Selamat membaca, Happy design 🙂

NO COMMENTS