Cara Simpel Merawat Kain Sofa

Cara Simpel Merawat Kain Sofa

SHARE
sofa kain

Tips Mudah dalam merawat kain sofa

Cara Simpel Merawat Kain Sofa – Kain adalah salah satu jenis pelapis sofa yang banyak diminati karena pelapis dari kain memberi kenyamanan lebih bagi penggunanya. Untuk harga sofa yang dilapisi dengan kain harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan sofa yang menggunakan kulit asli. Sedangkan untuk umur pelapis sofa adalah 5-7 tahun, jika sudah memasuki usia tersebut, ada baiknya pembungkus sofa diganti dengan yang baru. Saat sofa kotor, cara membersihkannya pun terbilang cukup mudah. Bagaimana caranya? Berikut informasinya 🙂

Cara mencuci sofa

  1. Siapkanlah wadah yang diisi 2 liter air bersih, campurkan dengan 1 sendok detergen, aduk sampai berbusa
  2. Ambil busanya ( bukan airnya ) letakkan ke permukaan sofa, sikat perlahan dengan sikat halus, gerakkan sikat searah dengan serat kain. Lakukan hal ini sampai menyeluruh, jangan lupa untuk membersihkan bagian lipatan dan sudut-sudut sofa
  3. Setelah semua permukaan sofa bersih, ambil kain penyerap air, serap busa pada permukaan sofa dengan kain tersebut. Lalu bilas kain hingga busa di kain penyerap hilang. Lakukan proses ini berulang kali hingga busa diatas permukaan sofa hilang.
  4. Sedot sisa air dipermukaan sofa dengan vacuum cleaner, jemur sekitar 1,5 jam di bawah sinar matahari, lalu angina-anginkan hingga sofa benar-benar hilang.

sofa kulit kursi sofaCara menghilangkan noda pada sofa

Jika sofa anda terkena noda, ada baiknya jangan terlalu lama, harus segera di bersihkan. Karena bila noda terlalu lama mengendap di sofa, akan sangat sulit untuk dihilangkan. Untuk sofa yang berbahan katun apabila terkena noda, alat yang digunakan adalah vacuum cleaner yang dilengkapi fasilitas wet and dry, sabun, sikat halus. Bagaimana caranya?? Caranya sebagai berikut 🙂

  1. Cara pertama adalah dengan menyedot debu dan kotoran di permukaan sofa dengan vacuum cleaner.
  2. Pada bagian yang bernoda, gunakan fasilitas uap panas di vacuum untuk membuka pori-pori kain dan mengangkat noda
  3. Aplikasikan sedikit sabun dengan sedikit air ke bagian yang bernoda, sikat dengan sikat kecil yang halus, bisa dengan menggunakan sikat gigi. Sedot lagi dengan uap panas jika noda belum hilang, lalu sikat kembali. Lakukan hingga nodanya hilang.
  4. Sedot sisa sabun dan air yang ada pada sofa dengan vacuum, jemur di bawah sinar matahari maksimal 1,5 jam, kemudian angina-anginkan hingga sofa benar-benar kering.

Cara menghilangkan noda lilin

Kerok  noda lilin dengan pisau, hal ini harus dilakukan dengan hati-hati, salah sedikit akan membuat kain sofa robek. Letakkan kertas polos, misalnya kertas HVS atau kertas amplop cokelat, diatas noda lilin yang masih tersisa. Panaskan bagian atas kertas dengan setrika listrik dengan panas sedang. Sisa lilin akan melekat dan terserap oleh kertas.

Yang perlu diperhatikan  !!

  • Jangan menjemur sofa di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama, hal ini dapat membuat warna kain memudar
  • Sofa yang dilengkapi dengan bantalan sebagai senderan kursi perlu dijemur di bawah sinar matahari sedikitnya 1 bulan sekali dalam rentang waktu 1 jam. Tepuk-tepuk untuk menghilangkan debu dan agar isi bantalan menyebar rata dan menggelembung kembali.
  • Hindari bau apek sofa dengan mengupayakan sirkulasi udara dan cahaya yang baik dalam ruangan. Sesekali boleh juga sofa disemprot dengan pengharum kain.
  • Jika sofa terlalu sering diduduki pada posisi yang sama secara terus-menerus sementara pada bagian lain jarang diduduki, maka bentuk sofa akan tidak simetris lagi. Agar bentuk sofa tetap bagus, upayakan untuk duduk dengan posisi yang berbeda-beda setiap harinya.
  • Jika berpergian dalam waktu lama lindungi sofa dengan kain penutup agar sofa tidak diselimuti debu berlebihan.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Tips Dalam Memilih Bathtub, Perbedaan Pergola Dengan Kanopi, dan Cara Simple Menjadikan Teras Rumah Lebih Cantik. Selamat membaca, Happy design 🙂

Sumber : iDEA

Aksesoris

NO COMMENTS