Cara Merawat Sofa Kulit di Rumah dengan Simpel

Cara Merawat Sofa Kulit di Rumah dengan Simpel

SHARE
sofa kulit

Tips dan Cara Merawat Sofa Kulit dengan Mudah

Cara Merawat Sofa Kulit – Pesona sofa dengan material kulit, terutama kulit asli, masih memiliki penggemar tersendiri di Indonesia. Bukan tanpa sebab tentunya, karena tampilannya yang bersih dan licin, sofa dengan material seperti ni cocok diterapkan kedalam berbagai gaya interior rumah. beberapa pertimbangan lainnya adalah kualitasnya yang selain berkesan mewah, juga bisa tahan hingga berahun-tahun. Namun seperti ungkapan ‘harga tidak bisa bohong’, harga sofa yang bermaterial kulit, terutama kulit asli, cukup mahal.

Oleh karena itu banyak orang yang kemudian beralih menggunakan kulit sintetis, yang memiliki kualitas dan tampilan yang menyerupai kulit asli, namun dengan harga yang lebih murah. Namun kedua jenis material sofa tersebut memerlukan perawatan yang tepat agar kualitas terjaga. Terutama agar permukaannya terhindar dari retak-retak atau terkelupas.

cara merawat sofa kulit sintetis pelengkap sofaMerawat dan membersihkan sofa dengan bahan kulit sebenarnya terhitung gampang-gampang susah. Karena meskipun kulit termasuk bahan yang mudah dibersihkan, permukaannya sangat rentan dari cuaca dan kotoran. Oleh kerena itu, yang terpenting adalah ketelatenan kita dalam cara merawat sofa kulit. Hal yang paling mudah diterapkan adalah membersihkannya secara teratur dengan menggunakan kain lembap untuk mengangkat debu dan kotoran lainnya.

Yang harus diingat adalah untuk tidak sering mengunakan bahan kimia sebagai pembersih. Bukan tanpa sebab, karena penggunaan pembersih kimiawi sendiri dapat merubah warna dan tekstur permukaan sofa. Selain itu, cobalah untuk tidak membersihkan permukaan sofa dengan menggunakan kain bertekstur kasar karena juga dapat menyebabkan pengikisan pada permukaan sofa. Pada akhirnya keapikan dan kelatenan kita dalam merawat sofa kulit asli maupun sintetislah yang dapat menentukan seberapa panjang usia sofa dapat dan layak untuk terus kita gunakan dirumah.

Menghilangkan Jamur yang membandel

Salah satu permasalahan yang kerap muncul pada cara merawat sofa kulit terutama pada permukaan sofa kulit adalah munculnya jamur hingga kotoran yang membandel. Ada cara yang cukup mudah untuk kita terapkan jika mengalami masalah serupa, yakni dengan menggunakan sabun bayi cair, berikut caranya :

  1. Cuci permukaan yang terdapat jamur atau noda secara lembut dengan mempergunakan spons halus dan sabun cair bayi. Perbandingannya adalah beberapa tetes sabun bayi dicampur dengan air bersih sebanyak ¾ gayung.
  2. Gosokan spon tersebut secara merata
  3. Setelah itu bilas permukaan dengan lap yang agak basah, kemudian langsung dikeringkan dengan menggunakan lap fiber ( kanebo ).
  4. Oleskan pelembap sofa pada permukaan secara merata, dan biarkan selama kurang lebih 3 menit
  5. Lap seluruh permukaan dengan kain bersih kering yang lembut secara halus dan merata.

Perawatan sehari-hari

  1. Gunakan kemoceng untuk membersihkan berbagai macam jenis sofa dari debu atau dari kotoran kering lainnya.
  2. Senantiasa dibersihkan dengan menggunakan lap halus ( misalnya berbahan katun ) yang agak basah, dan keringkan dengan lap berbahan fiber ( kanebo atau chamois ).
  3. Bila terkena tumpahan air minum atau makanan langsung bersihkan dan keringkan.
  4. Apabila ada noda pada sofa anda cukup membersihkannya dengan lap basah digosok-gosokkan sampai bersih dan langsung dikeringkan dengan menggunakan lap fiber.

Merawat sofa berbahan kulit sintetis

Kualitas sofa kulit sintetis tentu sangatlah berbeda dengan sofa yang menggunakan bahan dari kulit yang asli. Untuk menjaga agar kualitas dari sofa tersebut  tetap baik, berikut cara merawat sofa kulit sintetis :

  1. Bersihkan sofa dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran yang ringan
  2. Tuangkan secangkir air kedalam wadah, kemudian tambahkan 1 sendok makan sabun cair ( sabun cuci piring ). Kemudian diaduk hingga menghasilkan busa yang cukup banyak
  3. Ambil busa dengan lap halus, kemudian oleskan ke permukaan yang terkena noda. Ini juga berfungsi untuk menghilangkan lembap yang biasanya menjadi penyebab noda mucul. Ulangi hingga benar-benar bersih.

Demikianlah informasi dan tips singkat mengenai cara merawat sofa kulit yang mudah dan simpel untuk anda lakukan. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Perbedaan Pergola Dengan Kanopi, Cara Simple Menjadikan Teras Rumah Lebih Cantik, dan Cara Simpel Merawat Kain Sofa. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris

NO COMMENTS