Dapur

Dapur

March 15, 2013

Dapur yang kita kenal adalah sebuah tempat atau sarana untuk menyajikan makanan dan minuman untuk keluarga. Karena perannya yang begitu penting, maka dapur terebut haruslah selalu terjaga kebersihannya. Rutinlah dalam membersihkannya, sebab, sehat tidaknya makanan yang disajikan salah satunya disebabkan oleh kebersihan pantry/dapur tersebut.

Tapi, saya baru mau membuat dapur/pantry? Bagi anda yang sedang ingin membuat pantry, atau yang sedang ingin merenovasinya, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, apa saja? Seperti sirkulasi udaranya, pencahayaannya, tata letaknya, interiornya dan lain sebagainya. Bingung?? Yukk, kita bahas satu-satu.

Untuk Sirkulasi udaranya, jelas, factor ini sangat penting. Dengan adanya sirkulasi udara, maka udara dalam dapur akan selalu berganti dengan udara yang lebih baik lagi. Misalnya, saat anda selesai memasak, biasanyakan asap-asapnya masih berkumpul di area pantry, nah, kalau, pantry tersebut tidak mempunyai jalan udara ( sirkulasi udara ) seperti jendela, lubang udara, dan lainnya, maka asap-asap/udara kotor tersebut akan mengendap ke daerah sekitar pantry.

Bisa mengendap ke kitchen set, dinding atau interior lainnya. Jika kejadiannya seperi itu, maka hal tersebut akan menjadikan pantry lembab, dan bisa tumbuh jamur dan kuman. Sedangkan jamur dan kuman, akan membuat pantry anda tidak sehat dan membuat furniture seperti kitchen set tidak akan bertahan lama.

Lantas, bagaimana solusinya?? Solusinya adalah dengan membuatkan jalur sirkulasi udara yang baik, seperti jendela, lubang angin dan lainnya. Jika anda jendela, maka udara kotor langsung diganti dengan udara yang lebih bersih. Bagi anda, yang baru membuat pantry, maka hal ini harus benar-benar diperhatikan. Lalu, bagaimana yang sudah terlanjur dapurnya tidak ada jendelanya?? Atau minim jalur udaranya?

Jika sudah begitu, salah satu caranya adalah dengan menambahkan hexos atau cookerhood pada kitchen set anda. Untuk cookerhood, ada beberapa macam, ada yang menyaring udara kotor saja tanpa menggantinya lagi dengan udara yang lebih bersih, ada juga yang fungsinya menyaring udara kotor, dan diganti dengan udara yang lebih bersih.

Untuk Pencahayaannya, nah, factor satu ini juga tak kalah pentingnya. Ada baiknya saat pagi hari, dapur/pantry bisa terkena sinar matahari pagi, sinar matahari pagi juga bagus untuk pantry, kenapa?? Karena kehangatan sinar matahari pagi bisa membuat area-area yang lembab dalam pantry bisa dihangatkan dan dikeringkan dengan sinar tersebut.

Peran pencahayaan juga tidak hanya untuk kesehatan dapur saja, namun, dari segi keindahan atau estetika, pencahayaan juga perlu digunakan. Agar pantry tersebut terlihat indah, anda bisa memberikan lampu-lampu semacam downlight kecil pada furniture yang ada di dapur, seperti kitchen set dan lainnya. Lampu-lampu tersebut akan mengeluarkan sinar yang akan membuat interior dapur bercahaya dan terlihat indah.

Untuk tata letaknya,, ada baiknya saat anda membuat rumah, anda tentukan dahulu tata letak pantry tersebut, mau ditaruh mana, apakah dekat ruang keluarga, ruang tengah atau lainnya. Masa dapur  ditaruh dekat ruang keluarga? Kan kotor?? Saat ini, jenis dapur dibagi menjadi 2, yaitu dapur kotor dan bersih. Jelas, kalau pantry kotor fungsinya untuk masak-memasak, mencuci alat dapur yang kotor, tempat menyimpan sabun-sabun, minyak, dan lain sebagainya. Letaknya pun harus dipisah dari ruang keluarga atau ruang tengah.

Namun, tidak hanya ada pantry kotor saja namun ada juga dapur bersih, apa fungsinya?? Yaitu, untuk meletakkan makanan yang sudah jadi yang akan disantap bersama keluarga, menaruh peralatan dapur yang sudah bersih dan dikeringkan, mencuci buah-buahan, dan lainnya. Letaknya pun bisa anda taruh di dekat ruang keluarga atau ruang tengah.

Jika anda mempunyai rencana untuk membuat kitchen set atau furniture lainnya di area dapur, ada baiknya ukurlah terlebih dahulu luas ruangan tersebut, sehingga kitchen set yang dibuat ukurannya presisi atau sesuai dengan ukuran luas ruangannya. Ada baiknya juga, jangan terlalu banyak menaruh barang/perabot di area dapur, karena akan membuat pantry tersebut terkesan sumpek dan sempit. Itulah beberapa informasi dan tips hal-hal apa saja yang harus kita perhatikan dalam membuat dapur.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Latest Video
Our Book
  • Inspirasi Desain Interior Lengkap
Portfolio
  • Ruang Makan
  • Full Furnish
  • Partisi & Panel
  • Wardrobe
  • Kamar Tidur
  • Kitchen Set
  • Credenza
Join With Us @ Facebook !