Dapur Bersih

Dapur Bersih

SHARE
dapur bersih
dapur bersih

Tips Menerapkan Model Dapur Bersih

Mungkin banyak sebagian dari kita yang bertanya-tanya, apa sih bedanya dapur bersih dan dapur kotor itu? Mari kita bahas perbedaan singkatnya, untuk pantry biasanya digunakan untuk menyediakan makan atau minuman yang telah jadi atau telah dimasak sehingga fungsinya sebagai tempat menyediakan saja, pantry juga sering disebut dengan pantry, dan pantry ini juga ada wastafelnya yang berfungsi sebagai tempat mencuci yang ringan-ringan saja, seperti mencuci buah, atau gelas-gelas.

Sedangkan dapur kotor, atau juga yang disebut kitchen set adalah sebagai tempat untuk memasak hidangan utama dan hidangan lainnya, istilah kerennya  Contol Panelnya. Nah, itulah perbedaan singkat antara pantry dengan dapur kotor.

Contoh pada desain  pantry ini, warna tema desain pada pantry ini masih dalam satu kesatuan dengan ruang tamu. Yang uniknya dari pantry ini adalah dominasi warna putih dipadukan dengan warna aksen ungu tampak serasi. Aplikasi kaca sunblast pada cabinet pantry pun memberikan kesejukan area pantry.

Model Dapur BersihAgar terlihat lebih cantik dan menarik lagi, dan untuk menyesuaikan warna tema desain, pada pantry ditambahkan  aksen motif bunga berwarna ungu dari bahan cutting sticker.

Pantry ini didesain dengan bentuk cabinet yang memiliki level berbeda agar tidak monoton. Background dinding pada pantry dibuat dari bahan glass stone putih, terlihat serasi dengan wallpaper dalam ruangan tersebut. Kabinet pantry berbahan dasar plywood dengan finishing duko semi-glossy, terlihat modern dengan handle minimalis yang ditanam langsung pada cabinet.

Pada pantry yang satu ini berdesain minimalis modern, hal ini terlihat pada warna merah dengan aksen kotak-kotak yang dipadu dengan kaca riben hitam pada pantry sehingga tampak modern. Pantry didesain naik dan turun agar tampak dinamis dan tidak kaku.

Desain Dapur BersihSedangkan untuk cabinet bawah cabinet di finishing dengan HPL bermotif serat kayu teak berwarna abu-abu. Backsplash mozaik berwarna putih susu dengan toptable granit berwarna hitam dikombinasikan agar menyatu dengan cabinet pantry.

Tips agar Pantry selalu tampak rapi dan bersih

Seringkali setelah selesai memasak ataupun selesai makan, kita malas sekali untuk membersihkan pantry kembali, sehingga dapur menjadi kotor dan terlihat tidak rapi. Tidak hanya itu, banyaknya aksesoris atau perabotan di dapur menjadi salah satu sebab dapur menjadi tidak rapi. Nah, bagaimana caranya agar dapur terlihat selalu rapih?? Adakah tipsnya?? Tentu saja, berikut ini tipsnya :

Simpan Barang-barang yang tak terpakai di lemari penyimpanan

Jika ada barang-barang di pantry yang sudah tak terpakai, atau kalaupun terpakai tapi tidak rutin, ada baiknya simpanlah barang-barang tersebut di lemari penyimpanan. Dengan begitu, dapur akan terlihat lebih tertata dan tidak terkesan sumpek. Barang-barang pun menjadi lebih awet.

Jangan gunakan area kulkas menjadi media penyimpanan

Seringkali sadar ataupun tidak, kita sering menjadikan kulkas menjadi media penyimpanan barang, seperti magnet-magnet yang menempel di kulkas, dan juga atas kulkas yang sering ditaruh oleh toples-toples. Hal ini menyebabkan kulkas terlihat kotor. So, segera singkirkan

Rapikan Benda-benda yang ada di lemari Kaca

Jika anda punya lemari dengan kaca transparan, maka ada baiknya anda juga menata lemari tersebut pilah-pilah barang mana yang masih bias digunakan dengan yang tidak. Hal ini dilakukan karena lemari tersebut dapat dilihat dari luar, dan jika terlihat berantakan, akan sangat jelek dilihatnya.

Tips Membersihkan Pantry

Jika kita telah membahas tips agar dapur tampak selalu rapi dan tertata dengan baik, maka berikut ini adalah tips gimana sih membersihkan dapur bersih? Nah, berikut informasinya :

  1. Pada oven gunakanlah selembar kertas alumunium foil tepat di rak bawah oven, hal ini dapat mencegah remah-remah makanan dan minyak agar tidak berjatuhan kemana-mana, dan untuk membersihkan oven, hanya cukup mengangkat kertas alumunium foilnya saja
  2. Pada oven microwave, bias dengan mudah untuk kita bersihkan, caranya cukup dengan menggunakan tisu dapur yang dibasahi dan dipanaskan selama beberapa menit
  3. Peralatan makan, seperti piring, mangkuk, akan sangat mudah dibersihkan bila direndam dengan air hangat terlebih dahulu dan harus segera dibersihkan. Jika makanan sudah mengering, akan lebih sulit dibersihkan.

Nah, sahabat imania, itulah beberapa informasi mulai dari perbedaan singkat, tips agar dapur terlihat lebih rapi sampai tips membersihkan dapur. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda semua dalam memanage pantry.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai desain minimalis, rumah minimalis modern, dan desain klasik victoria. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY