desain interior minimalis

Desain Dapur

October 4, 2012

Desain Dapur – Dapur adalah salah satu bagian yang mempunyai peranan sangat penting pada rumah. Karena di dapur inilah kebutuhan makan dan minum disediakan. Sehat tidaknya makanan atau minuman, juga dipengaruhi oleh dapur itu sendiri, jika dapur tersebut terjaga kebersihannya, maka makanan dan minuman  akan terjaga kebersihan, dan kesehatannya.

Maka, keluarga yang sadar dan mengerti pasti akan membuat desain dapur yang sehat, bersih, dan tentu saja indah. Karena desain dapur yang tidak memenuhi standar syarat kesehatan dan kebersihan akan memudahkan datangnya  bakteri atau jamur yang dapat menimbulkan penyakit.

Lalu, bagaimana agar membuat desain dapur cantik yang lebih sehat?? Untuk menjaga kesehatan dapur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat desain dapur, berikut informasinya :

Desain Dapur- Hal yang Harus Diperhatikan

Ventilasi

Dalam desain dapur, haruslah terdapat ventilasi ( jalan udara ), kenapa? Karena, kegiatan masak-memasak pastilah akan membuat dapur tersebut kotor, dan asap masakannya pun akan berada di sekitar dapur, bila tidak ada ventilasi ( jalan udara ) di dapur,  maka udara akan menjadi pengab atau lembab, sehingga akan menumbuhkan kuman penyakit.

Selain itu, masakan atau makanan yang disimpan di tempat yang ventilasinya kurang baik, juga bisa menjadi tidak awet ( tahan lama ), jamur juga akan lebih cepat berkembang. Efek lainnya adalah makanan akan jadi cepat basi.

Pencahayaan

Factor ini juga penting untuk diperhatikan dalam pembuatan desain dapur cantik yang sehat. Ada baiknya dapur bisa mendapatkan sinar matahari secara langsung. Pencahayaannya itu sendiri bisa melalui jendela, pintu, atau jika keadaan tidak memungkinkan cahaya lampu bisa menjadi pilihan lainnya.

Pencahayaan juga berfungsi sebagai alat bantu penglihatan ketika melihat makanan atau bahan-bahan yang akan dimasak. Dan yang lebih penting lagi, untuk melihat kualitas dari bahan yang akan di masak tersebut, apakah masih bisa di masak atau sudah kadarluarsa.

Material

Peranan material untuk membuat dapur cantik, sehat dan bersih cukup penting. Hal ini mungkin yang sering dianggap remeh oleh banyak orang. Kenapa material cukup penting peranannya?? Kerena, misalnya kita menggunakan material yang tidak tahan suhu panas, maka hal tersebut akan ikut mempengaruhi suhu tubuh orang yang ada di dapur, suhu tubuh orang tersebut akan ikut naik. Peningkatan suhu tubuh yang mendadak ini tentu akan menimbulkan efek bagi kesehatan. Apalagi terjadi dalam jangka waktu yang panjang.

Ada baiknya, saat membuat desain dapur, perhatikan pula pemilihan material yang akan digunakan. Pikirkan juga tentang asap yang ditimbulkan ketika memasak, begitu juga dengan  debu, minyak yang suka menempel pada dinding. Pilihlah material yang mudah untuk dibersihkan.

Desain Dapur – Tips Membersihkan & Merawat Dapur

Setelah mempunyai desain dapur atau dapur yang cantik, pastilah sangat menyenangkan, namun, dapur tersebut haruslah selalu terjaga kesehatannya terutama kebersihannya, bagaimana caranya agar dapur terawat dengan baik??  Ada beberapa cara, salah satunya yang pasti adalah selalu rutin dalam membersihkannya, laplah body dapur dengan lap yang lembut, seperti kanebo, serta jika habis memasak ada baiknya selalu mencucui peralatan masak, agar tidak meninggalkan noda pada daapur anda dan agar tidak meningalkan bau tak sedap.

Cara yang lainnya?? Oke, berikut ini beberapa cara dalam membersihkan & merawat dapur :

Agar  dapur Anda tetap harum dan segar, Anda bisa menggunakan rebusan air jeruk lemon dan beberapa cengkih. Setelah rebusan tersebut mendidih, akan tercium aroma wewangian segar di dapur Anda.

Agar bau amis di perabotan dapur bisa hilang, Anda bisa merebus air dan garam sampai mendidih, lalu beri sedikit perasan lemon kemudian rendam perkakas dapur Anda selama beberapa menit, baru cuci dengan sabun pencuci piring.

Bila lemari es Anda berbau tidak sedap, Anda bisa menggunakan beberapa tetes essence vanila yang diletakkan di secarik kain katun. Bila tidak ada, bisa digantikan dengan essence lemon atau jeruk segar.

Penggunaan sabun colek untuk mencuci piring dan gelas terkadang masih meninggalkan bau sabun yang tajam di piring ataupun gelas Anda. Salah satu cara menyiasatinya, Anda bisa menggunakan busa cuci dan jangan gunakan plastik, lalu tambahkan perasan lemon.

Membersihkan blender cukup dengan memasukkan air hangat dan perasan lemon. Setelah itu, cuci blender seperti mencuci piring biasa. Hasilnya pasti akan jauh lebih bersih dan aroma blender pun bakal semakin harum. Itulah beberapa informasi mengenai dapur yang sehat dan bersih. Cermatlah dalam membuat desain dapur :)

Articles You Must Read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Latest Video
Contact Us

Jika kawan-kawan memiliki pertanyaan seputar interior silahkan email atau menghubungi kami pada no telp dibawah ini, dengan senang hati kami akan membantu anda .

Contact us
email : contact@imaniadesain.com
phone : (021)36427777

Our Book
  • Inspirasi Desain Interior Lengkap
Portfolio
  • Ruang Tamu
  • Sofa
  • Ruang Makan
  • Full Furnish
  • Partisi & Panel
  • Wardrobe
  • Kamar Tidur
  • Kitchen Set
  • Credenza
Join With Us @ Facebook !