Sumber Informasi dan Tips mendesain Interior Rumah Anda

Desain Rumah Kayu

Tips Desain Rumah Kayu

Desain Rumah Kayu 150x150 Desain Rumah Kayu

Desain Rumah Kayu

Desain Rumah Kayu – Ditengah ramainya desain rumah minimalis, tidak juga meredupkan desain rumah kayu. Desain rumah kayu tetap menjadi salah satu desain yang disenangi. Banyak rumah-rumah di kota-kota, khususnya di Jakarta, yang mengkonsep rumahnya dengan desain rumah kayu.

Desain kayu dapat memberikan nuansa alam, sejuk, tenang, dan berkelas. Dulu, rumah kayu dicap negative, karena dipandang tidak modern, kuno, dan juga dibilang sebagai rumah orang desa, yang kemudian rumah kayu mulai ditinggalkan dan masyarakat beralih ke desain bangunan permanen.

Namun, seiring perkembangan jaman dan  kemajuan desain interior, lambat laun, tren rumah kayu mulai muncul lagi. Terutama bagi masyarakat kota yang merindukan suasana alam, mulai melirik desain rumah kayu sebagai sarana/ media yang bisa membuat nyaman rumah mereka.

Hal ini karena desain rumah kayu bisa menghadirkan suasana alam yang asri seperti di pedesaan. Kontur-kontur kayu yang khas, menghadirkan kesan sejuk yang alami yang dibutuhkan oleh  mereka yang tingal di kawasan yang padat penduduk.

Dalam desain interior, ada 2 jenis/tipe dari rumah kayu, model pertama adalah rumah kayu klasik, rumah kayu klasik berdesain sederhana dan hanya memiliki satu lantai, seperti gazebo atau ruang saung yang memberikan  ruang longgar di beberapa bagiannya.

Sementara, rumah kayu modern/mixed,  untuk desainnya mengikuti desain rumah modern, sehingga cukup rumit desainnya. Terdiri lebih dari satu lantai, dan menjadikan ruangannya lebih lega. Inspirasi ruma kayu ini diambil dari desain rumah beton modern, dengan system bertingkat. Hal yang membedakannya adalah bahan utama yang digunakan, yaitu kayu.

Untuk jenis kayunya, menggunakan  kayu yang berkarakter keras, misalnya kayu jati. Dengan demikian kontruksi dari bangunan rumah tersebut tidak akan kalah dengan bangunan yang menggunakan beton sebagai bahan utamanya.

Dalam pemilihan furniture dari rumah kayu, ada baiknya menggunakan furniture yang dari kayu juga, hal ini untuk mengimbangi agar beban dari rumah kayu tidak terlalu berat. Furniture yang dipilih misalnya yang terbuat dari kayu jabon atau sengon yang ringan namun kokoh.

So, apa kelebihan dari rumah kayu, dan adakah kekurangannya?? Ya, dalam desain rumah kayu, ada juga kelebihan dan kelemahannya, berikut beberapa kelebihan dan kelemahan rumah kayu, berikut informasinya :

Kelebihan & Kekurangan Desain Rumah Kayu

Desain Rumah Kayu – Kelebihan Rumah Kayu

  • Sebagai media penahan panas, jadi, di dalam rumah kayu cenderung lebih sejuk dibandingkan bangunan rumah permanen. Oleh karena itu, pendingin dalam rumah kayu, cenderung tidak diperlukan.
  • Nuansa Alam, , Nuansa alam akan anda dapatkan bila rumah anda berdesain rumah kayu, biasanya dengan nuansa kayu atau tradisional, mempunyai nilai historisnya, hal inilah yang membuat nilai lebih rumah yang bernuansa alam ( kayu )
  • Mudah di Renovasi, rumah kayu lebih mudah untuk di renovasi dibandingkan dengan rumah beton, khususnya untuk mengubah bentuk sesuai dengan kebutuhan. Dimana untuk mengubah bentuk  haruslah dilakukan dengan cara membongkar bangunan yang ada.

Desain Rumah Kayu – Kelemahan Rumah kayu

  • Karena bahan utamanya adalah kayu, maka cenderung memiliki resiko akan bahaya kebakaran cenderung tinggi. Untuk itu, dalam proses pembuatanya khusunya dapur yang berfungsi debagai tempat memasak yang membutuhkan api, harus diperhatikan dengan serius dan hati-hati.
  • Keberadaan kayu yang berkualitas semakin sulit, dan kayu tertentu untuk mendapatkannya harus melalui prosedur yang tidak mudah. Itulah mengapa biaya membangun rumah kayu lebih besar daripada rumah tembok.

Itulah Beberapa Informasi Mengenai Desain Rumah Kayu.

 

468 ad

SEO Powered By SEOPressor