Festival Ketujuh Arsitektur

Festival Ketujuh Arsitektur

SHARE
festival ketujuh arsitektur

Ragam Desain di Festival Ketujuh Arsitektur

Festival Ketujuh Arsitektur, Jika kita melihat rumah-rumah saat ini, banyak tersajikan beraneka ragam konsep serta desain, dan semuanya itu sangat menarik perhatian. Tidak hanya itu, hal tersebut menjelaskan bahwa peran arsitek-arsitek Indonesia dalam pembangunan sangat terlihat jelas. Desain-desain arsitektur yang tersajikan tidak kalah dari arsitek mancanegara.

Sekilas mengenai sepak terjang arsitek-arsitek di Indonesia, menurut Ketua Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Steve J. Manahampi, banyak karya-karya arsitek Indonesia yang dipakai dunia. Bahkan ada beberapa arsitek di Indonesia yang membuka usahanya di Eropa.

Hal ini disampaikan oleh Steve. Menurut Steve, “Arsitek kita sudah mendunia. Banyak arsitek Indonesia sudah ke luar (negeri), seperti Australia dan Singapura,” ujar Steve saat jumpa pers Design Week 2.2 di Kirana Two Office Tower, Jalan Boulevard Timur 88, Kelapa Gading.

Tetapi walaupun demikian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan cukup di khawatirkan atas terbukanya pasar ASEAN yakni ketiadaan regulasi yang mengatur arsitek dan arsitektur secara komprehensif. Tantangan untuk menjadi seorang arsitek itu lebih berat dibandingkan dengan pengacara atau dokter sekalipun.

Profesi seperti dokter misalnya, setidaknya hanya bertanggung jawab atas nyawa satu orang sampai dua pasiennya, sedangkan arsitek bisa menanggung lebih dari 100 orang dalam satu gedung yang dirancangnya. Tingkat keamanannya yang harus sangat diperhatikan.

Disamping karya-karya arsitek Indonesia yang diakui dunia, namun, ada hal-hal yang harus menjadi perhatian, yakni terbukanya pasar ASEAN, Kenapa begitu?  Karena tidak adanya regulasi yang mengatur arsitek dan arsitektur secara komprehensif.

Tantangan bagi seorang arsitek berbeda dengan profesi lain, seorang arsitek haruslah memperhatikan betul tingkat keamanan desain bangunannya begitu juga dengan fisik bangunannya, bila salah perhitungan bisa fatal akibatnya.

Bicara arsitektur, belum lama ini ada sebuah festival kelas dunia yang diselenggarakan di singapura, festival ketujuh arsitektur ini manghadirkan ribuan karya arsitektur dunia, serta puluhan bangunan baru dengan desain yang luar biasa serta inovasi-inovasi yang luar biasa telah menerima penghargaan dalam festival tersebut.

Seperti apa nominasi dan bangunan-bagunan yang masuk dan terpilih sebagai nominator dari acara world architecture festival itu? Berikut informasinya :

1. Bangunan Terbaik Tahun Ini: The chapel oleh a21studio, Ho Chi Minh City, Vietnam

The Chapel2. Proyek Masa Depan Terbaik Ditahun Ini: Art Gallery of Greater Victoria oleh 5468796 Architecture + number TEN architectural group, Victoria, Canada

Art Gallery3. Kontor Terbaik: Agashiyan oleh Sanjay Puri Architects, Ahmedabad, India

Agashiyan4. Rumah Terbaik: House for Trees oleh Vo Trong Nghia Architects, Ho Chi Minh City, Vietnam

House for Trees5. Infrastruktur Terbaik (FUTURE PROJECT): Linköping Central Station by Sweco Central Architects, Linköping, Sweden

Linköping Central StationUntuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai dapur go green, dapur lebih fresh, dan kezmarska hut. Selamat membaca, Happy design 🙂

Sumber Gambar : Arsiteki.com

Aksesoris

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY