Finishing Laminate

February 24, 2009

Pelapis dalam finishing laminate Interior yang umum digunakan antara lain  HPL, tacon, decosit, supercon dan PVC. Di antara keempat pelapis tersebut, HPL paling mahal, disusul tacon, decosit dan supercon atau PVC. Keunggulan HPL adalah tampilannya yang cantik, dengan motif yang sangat bervariasi dari warna solid seperti cat duko, maupun motif kayu . Tapi karena merupakan bahan lapisan yang tipis (sekitar 1 mm) dan disatukan dengan kayu dengan cara dilem, HPL dan bahan pelapis lainnya kurang kuat. Dalam beberapa tahun-apalagi bila mengelemnya tidak baik, finishing interior sistem pelapis ini bisa mengelupas. Kekurangan PVC lebih mudah mengelupas dari pada HPL dan tidak tahan benturan pada sudut-sudutnya, karena lembarannya tipis .

Tampilan HPL, tacon dan decosit/pvc agak mirip, bedanya permukaan HPL dan tacon lebih bertekstur (sehingga lebih alami), sementara PVC berteksture licin. PVC lebih murah dan lebih tipis, tapi bahan ini dalam penggunaanya untuk sistem finishing interior rumah, tidak ramah lingkungan karena unsur plastiknya. Sementara HPL dan tacon jika kualitasnya tidak bagus, warnanya lama-kelamaan bisa pudar atau kekuning-kuningan.

Finishing laminate

Finishing laminate

Lantas, adakah keunggulan HPL dibandingkan dengan finishing lainnya?? Pada setiap finishing tentulah mempunyai keunggulan masing-masing, namun, memang ada keunggulan spesifik yang dimiliki oleh HPL, apa itu? Berikut informasinya :

1. Dilihat dari proses pemasangannya sistem finishing laminate atau HPL ini lebih cepat prosesnya, karena tidak begitu tergantung dengan cuaca

2. Furniture yang difinishing dengan HPL cenderung lebih mudah untuk dibersihkan, beda halnya dengan finishing melamix maupun duco, cenderung sulit dibersihkan apalagi bila terkena noda seperti noda kopi, oleh karena itu, segerlah untuk dibersihkan noda tersebut sehingga tak berbekas

3. Dilihat dari harganya, HPL cenderung lebih murah, untuk harga tergantung dari jenis-jenis HPL itu sendiri, biasanya semakin banyak motif di HPLnya semakin mahal, namun, masih dapat terjangkau.

Itulah beberapa informasi yang bisa kami sampaikan seputar sistem finishing laminate dengan HPL, semoga bisa memberikan manfaat untuk anda dan acuan dalam menentukan finishing mana yang akan anda gunakan untuk interior rumah atau furniture :)

Articles You Must Read

Comments

  1. USMAN - May 6, 2009 at 1:51 pm

    untuk HPL dapat di beli dimana ya?

  2. ImaniaTeam - July 6, 2009 at 9:33 pm

    HPL, dapat dibeli diberbagai toko material khusus untuk furniture, tapi tidak semua toko ready stock. biasanya harus indent dulu. Salah satu tempat yang cukup terkenal untuk toko yang menyediakan material untuk furniture dan interior yaitu di Abadi Klender .

  3. indi - July 10, 2009 at 11:57 am

    kenapa pvc dibilang tidak ramah lingkungan ya?
    thx..

  4. ImaniaTeam - July 15, 2009 at 10:06 pm

    Pvc Tidak ramah lingkungan, karena limbahnya sulit di daur ulang oleh alam karena terbuat dari bahan plastik, tidak seperti veneer / kulit kayu

  5. Inge - August 12, 2009 at 11:21 pm

    Tolong tanya kalo untuk lemari baju lebih bagus pake HPL plywood atau Melamix ya?
    Bgmn dgn keawetannya?
    ‘Ma kasih

  6. ImaniaTeam - August 13, 2009 at 10:20 am

    Dear Sdri Inge,

    Sebenarnya untuk lemari baju menggunakan HPL maupun Melamix adalah tergantung dari selera kita . HPL adalah serat kayu tiruan, sedangkan melamix adalah sistem finishing transparan pada permukaan kulit kayu asli . Perbedaannya hanya melamix terlihat lebih natural karena dari kayu asli . Mengenai tampilan HPL maupun melamix sama-sama dapat memberikan hasil yang indah, tapi mengenai variasi warna dan motif, melamix lebi . Untuk Ketahanannya, finishing melamix lebih tahan dari pengelupasan dari pada HPL, tapi untuk menghindari pengelupasan pada finishing HPL, biasanya pada pinggiran pintu, divariasi dengan list penjepit dari aluminium, sehingga pinggiran HPL aman dari benturan . Untuk informasi mengenai sistem finishing, Sdri inge dapat melihat di http://www.imaniadesain.com/category/interior-guide/finishing-system

  7. Bayu - October 26, 2009 at 10:20 pm

    Pengunjung di warnet saya sering meletakkan rokok di meja (walaupun sdh ada asbak) dan meninggalkan bekas gosong di permukaannya. Pelapis apa yang bisa saya pakai dan dimana bisa didapatkan?

  8. ImaniaTeam - October 27, 2009 at 11:53 am

    Sebenarnya pelapis furniture apapun (hpl,tacon,decosit,melamix dll ) tidak tahan terhadap panas langsung dalam jangka waktu lama . Jika pengunjung warnet anda meletakan rokok diatas meja, dalam hitungan beberapa menit sudah akan merusak pelapis tersebut jika tidak dilindungi . Saran kami anda dapat melapisi bagian atas meja dengan kaca bening 5mm atau 3mm jika tidak terlalu lebar . Kaca bening tidak mahal harganya dan daya tahan kaca terhadap panas sampai dengan 1400 derajat celcius, dan tentunya api rokok tidak sampai sepanas itu . Semoga informasinya bermanfaat

  9. Indra - November 16, 2009 at 6:37 am

    Apakah manufakturing untuk meja kantor HPL dengan UB-Leg? jika ya, boleh sy minta emailnya utk sy kirim spec dan foto contohnya. Jika cocok dan mampu manufakturing/produksinya, maka saya akan order.

  10. ImaniaTeam - February 23, 2010 at 10:29 pm

    Dear rosmita,Plywood dengan ketinggian lebih dari 200cm memang cenderung melengkung, tergantung dari kualitas plywood itu sendiri dan merupakan salah satu kelemahan dari plywood diantar sejumlah kelebihannya . Oleh karena itu sebaiknya pintu dibuat agak tebal minimal 2,2cm atau lebih dan diberi rangka . Atau plywood dipress beberapa hari untuk meluruskan permukaannya yang melengkung.

  11. ade - March 11, 2010 at 9:00 am

    Saya sudah menempel Decosit dan supercon pada pintu yg terbuat dari lembaran tripleks lapis setebal 2,2cm. Tetapi hasilnya ada berenjel2 /tidak rata seperti permukaan bulan. Bagaimana cara memperbaiki hal ini? Bgm cara pemesangan yg benar? apa harus dipress? berapa lama? dan yg terbaik menggunakan lem apa? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

  12. ImaniaTeam - March 12, 2010 at 10:13 pm

    Dear Ade, kualitas permukaan tripleks yang akan ditempel decosit harus baik , kalau perlu diamplas dulu. Atau anda dapat menggunakan hpl sebagai alternatif, permukaan hpl lebih tebal dari pada decosit, jika terdapat bidang lengkung, tacon bisa menjadi pilihan kedua. Supercon tidak kami sarankan, karena lembarannya yang sangat tipis, lebih tipis dari decosit dan mudah terkelupas . Semoga bermanfaat…!

  13. Iwan - April 29, 2010 at 12:51 am

    Saya sedang mengerjakan press dengan menggunakan veneer untuk bidang lengkung. Apakah merek lem kuning yang cocok untuk bidang tersebut selain merek Herferin? Terima kasih.

  14. zapay - April 30, 2010 at 1:50 am

    saya ingin tahu cara memasang hpl di plywood apakah dengan alat dan cara yang khusus. terutama bagian pinggirnya

  15. zapay - April 30, 2010 at 1:50 am

    saya ingin tahu cara memasang hpl di plywood apakah dengan alat dan cara yang khusus. terutama bagian pinggirnya. thanks

  16. ImaniaTeam - May 5, 2010 at 11:09 pm

    Menurut Kami Hefrin sudah merupakan lem yang cukup sesuai untuk edging bidang lengkung . Kami belum menemukan lem yang lebih sesuai untuk edging selain hefrin . Hanya dalam teknis pemasangannya agar lebih kuat harus menggunakan mesin press tertentu yang dapat mendukung .

  17. Abi - May 27, 2010 at 11:33 am

    Saya ingin tanya, merk lem apa yang paling cocok khususnya untuk tacon dan HPL. Apakah menggunakan Herferin juga seperti posting diatas atau ada merk lain yang lebih pas. Terima kasih

  18. kiki - May 31, 2010 at 10:15 am

    Dear Imania…
    untuk bahan kitchen set, kombinasi material apa yg terbaik bagi dari segi design, kekuatan, finishing, keawetan dan harga… soalnya saya mau bikin kitchen set tapi msh awam mengenai materialnya.

  19. ImaniaTeam - June 5, 2010 at 10:15 am

    Dear Abi, Merk lem yang cocok untuk taco atau HPL biasanya lem168 Fox, kalau hefrin dipakai untuk edging acrilic, karena daya rekatnya lebih kuat . Semoga Membantu..:)

  20. dave - June 16, 2010 at 11:43 am

    Dear Imania..

    Mohon penjelasan , saya sedang memasang HPL untuk tempat tidur, pada triplek 15mm, tetapi setelah saya lem, muncul gelembung2 udara , dan sangat bergelombang, kenapa hal ini terjadi, apa ada alat atau teknik khusu lain selain lem fox?? apa tersedia di toko?? selain HPL, motif yang sama dengan pemasangan lebih sederhana apa ya??

    terimakasih banyak.

  21. ImaniaTeam - June 16, 2010 at 11:48 pm

    Hallo David, Cuaca pada saat pemasangan HPL sangat berpengaruh, cuaca dingin dapat menyebabkan gelembung udara pada permukaan, karena lem tidak langsung kering dan menempel rapat pada permukaan triplex. Sebelum ditempel, diamkan dahulu HPL selama lebih kurang 10 menit atau 15 menit, sampai lem agak kering, kemudian baru ditempelkan dan ditekan secara rata pada setiap permukaannya . Tidak ada teknis khusus pada pemasangan manual yang dikerjakan oleh pekerja/tukang, hanya dibutuhkan keterampilan dan pengalaman dari orang itu sendiri . Semoga membantu .

  22. Anita - June 22, 2010 at 3:27 pm

    Dear Imania Team,

    kalo hpl bisa ditekuk ga ya? kl bisa gimana caranya? trimss..

  23. ImaniaTeam - June 23, 2010 at 12:08 am

    Ada HPL yang bisa ditekuk / postform, ada juga yang tidak . Tapi HPL yang sekarang banyak beredar di pasaran, jarang sekali yang bisa ditekuk, jika ditekut makan cenderung akan patah, sebagai alternatif penggantinya bisa memakai decosit / pvc sheet .

  24. tulus a - July 12, 2010 at 12:09 pm

    saya baru saja menggunakan HPL akan tetapi kesulitannya
    terletak pada sudutnya..pertemuan antar HPL,yang menurut saya kurang rapi..bagaimana cara pasang/potongnya agar terihan rapi..
    bagaimana pula cara psang untuk edging..??

    mohon infonya,terima kasih

  25. ImaniaTeam - July 14, 2010 at 12:00 am

    Sebenarnya pemasangan HPL secara manual, kerapihannya sangat tergantung dari faktor manusianya yang pertama dan yang kedua faktor peralatannya . Untuk menyiasati pinggiran HPL yang kurang rapih, biasanya digunakan edging acrilic atau aluminium, seperti yang dilakukan oleh para produsen furniture ternama yang sering kita jumpai di mal-mal .

  26. deni - July 16, 2010 at 8:25 pm

    Kalau bahan Sibalec infonya beli dimana ?
    Apa beda Sibalec, Tacon, HPL

  27. daru - September 22, 2010 at 10:29 am

    Mohon alamat lengkap dapatkan HPL di kota Semarang ? tq

  28. arifin - October 21, 2010 at 12:43 am

    Salam untuk pengeleman sejenis PVC selain lem fox (lem kuning).
    ada jenis lem lain nama lem EVA,jenis lem untuk menempelkan bahan yang tidah berpori ke partikel board /MDF.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Latest Video
Contact Us

Jika kawan-kawan memiliki pertanyaan seputar interior silahkan email atau menghubungi kami pada no telp dibawah ini, dengan senang hati kami akan membantu anda .

Contact us
email : contact@imaniadesain.com
phone : (021)36427777

Our Book
  • Inspirasi Desain Interior Lengkap
Portfolio
  • Ruang Tamu
  • Sofa
  • Ruang Makan
  • Full Furnish
  • Partisi & Panel
  • Wardrobe
  • Kamar Tidur
  • Kitchen Set
  • Credenza
Join With Us @ Facebook !