Horizontal Blind

Horizontal Blind

BERBAGI
horizontal blinds

Horizontal Blind – Jenis Blind

Apa itu horizontal blind?? Adalah salah satu dari jenis-jenis blind. Namun, Sebelum membahas horizontal blind, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu blind, dan apa saja jenis-jenisnya. Apa sih blind itu?? blinds adalah tirai yang bisa dibuka-tutup dengan cara ditarik ke atas dank e bawah, dan membentuk lipatan-lipatan horizontal. Kenapa begitu?? Karena dengan cara ini, tampilan blinds jadi jauh lebih sederhana dibandingkan curtain. Karena tidak memiliki lipatan vertical, blinds memakan bahan yang lebih sedikit.

Terbuat dari apa blinds itu?? Untuk materialnya blinds lebih beragam, antara lain vinil, plastic, metal. Namun bisa juga dari bamboo dan kayu. Emang ada yang dari bamboo dan kayu?? Iya ada, beberapa jenis blinds dibuat dari bilah-bilah kayu atau metal yang bisa dibuka tutup untuk mengatur banyaknya sinar matahari yang masuk.

Seiring berjalannya waktu, dan majunya teknologi, begitu juga dengan perkembangan blinds. Sebagai buktinya adalah terdapat pada teknik buka-tutupnya. Teknik buka-tutup blinds makin lama makin maju, salah satunya dengan tarikan dan system kunci otomatis. Kini, hadir pula roller blinds yang dibuka-tutup dengan system elektrik menggunakan remote.

horizontal blinds Horizontal BlindAda berapa macam blinds itu?? untuk macam/gayanya, blinds mempunyai beragam gaya. Blinds polos tanpa kerutan lebih terlihat simple, dan cocok untuk rumah yang ber desain interior modern. Sementara itu, yang berbahan tipis dengan kerutan-kerutan di bagian tengah yang membuat draperi cantik, dan ketika ditarik ke atas cocok untuk rumah yang ber desain interior country/klasik.

Horizontal blind-nya mana?? Oke, HB termasuk salah satu dari jenis blind, untuk jenis-jenis blind itu sendiri ada beberapa macam salah satunya ya HB ini. Apa itu?? jenis blind yang satu ini terbuat dari sirip-sirip atau bilah-bilah yang disusun berjajar memanjang.  Fungsinya Untuk apa?? yaitu untuk mengatur banyaknya sinar matahari, sekaligus mengarahkan cahaya alami ke dalam ruang, nah, kita tinggal mengatur bukaan siripnya aja deh, simple kan? :)

Lanjut ya,, namanya kan hb, nah, karena bentuk garis horizontalnya melebar, tirai ini sangat ideal jika dipakai untuk jendela yang kurus dan tinggi. Atau, bisa juga diaplikasikan pada bukaan yang terdiri atas deretan daun jendela. Tujuannya apa??  Alasannya, pengaturan ini bisa mengimbangi bentuk jendela sehingga tidak terlihat terlalu tinggi. Dan beragam material bisa diolah menjadi hb. Yang paling umum digunakan adalah kayu dan alumunium.

Nah, itulah hb, udah ya sampe disini aja?? Hah, segitu aja?? Iya. Kan yang dibahas hb. Lagi dong, jenis-jenis blinds yang lain belum?? Iya deh, lanjut ya :)

Roman Blinds,,  apa itu?? blinds yang satu ini berbeda dari kerai gulung. Jenis roman blinds ini merupakan jenis blind yang ketika dibuka akan membentuk lipatan keatas. Di setiap lipatan terdapat pemberat berupa batang besi atau kayu, dan tampilannya amatlah unik.

Kenapa harus ada pemberatnya?? Dengan bahan berat membuat roman blind tampil lebih baik, terutama jika diberi lapisan dalam atau lining. Bahan tenun dan belacu paling cocok untuk jenis tirai jendela ini. Blinds ini juga sangat cocok bagi desain interior yang bergaya modern. Selain roman blind, ada lagi yang cocok untuk interior bergaya modern, yaitu roller blind.

Roller Blind,, biasa dikenal juga dengan sebutan kerai gulung, tirai dari selembar bahan ini sudah dikenal sejak abad ke- 18. Ketika ditarik, bahan kerai ini akan menggulung ke atas. Roller blind ini selain terdapat yang siap pakai, anda juga bisa membuatnya sendiri . ketika membeli yang siap pakai, perhatikan betul jenis kainnya, karena beberapa kain tidak bisa digulung dengan rapi.

Kain katun merupakan contoh kain yang bisa anda pilih. Untuk dapur dan kamar mandi, sebaiknya gunakan yang tahan air, misalnya kain terpal. Bila anda mencari atau ingin berkonsultasi dengan desainer interior, anda bisa langsung menghubungi kami, untuk nomer telepon bisa anda dapatkan di halaman contact website ini :) untuk konsultasi FREE alias bebas biaya. Dan bila anda membuat furniture maupun interior rumah pada kami, kami akan memberikan harga yang special untuk anda :)

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai tirai jendela, tirai, dan bagian tirai jendela. Selamat membaca, Happy design :)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY