Ingin Menata Ruang Bermain Anak? Ini 5 Kunci Utamanya !

Ingin Menata Ruang Bermain Anak? Ini 5 Kunci Utamanya !

SHARE

5 Kunci Menata Ruang Bermain Anak !

Ingin Menata Ruang Bermain Anak? Ini 5 Kunci Utamanya ! – Umumnya di dalam rumah hanya ada beberapa ruangan saja yang menjadi ruang utama, seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang dapur, kamar mandi dan kamar anak, sedikit sekali di dalam suatu rumah yang menerapkan atau membuat ruang bermain untuk anak di dalam rumah. Pentingkah adanya ruang bermain anak di dalam rumah?

Apa tidak cukup di kamar anak saja? Tidak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan ruang khusus untuk mengasah kemampuan mereka, anak-anak pun juga seperti itu. Mereka membutuhkan ruang untuk mengaplikasikan kretivitas dan imajinasi mereka. Ruang bermain anak ini tidak memerlukan luas yang besar, yang penting cukup bisa mengakomodir segala aktivitas anak di dalamnya.

Namun, sebelum membuat ruang khusus bermain anak, ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, terutama pada factor kemanan dan kenyamanan sang anak. Penggunaan furniture dan perabot kamar bermain juga harus benar-benar diperhatikan, apakah aman atau tidak untuk anak. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menata ruang bermain anak? Berikut informasinya 🙂

kamar bermain anak
ruang bermain anakTema dan Layout Ruang

Pengaturan tata ruang bermain anak adalah salah satu factor yang harus diperhatikan. Pengaturan seperti posisi kursi, meja dan lemari merupakan poin penting untuk memberikan rasa nyaman si kecil, selain layoutnya, anda juga bisa menentukan desain apa yang disenangi si kecil untuk ruang bermainnya. Anda bisa memilihkan desain yang ada gambar tokoh kartun kesayangannya, warnanya pun warna yang disenangi oleh si kecil. Warna-warna cerah kami rasa sangat cocok untuk ruang bermain anak.

Pemilihan Furniture

Dalam memilih furniture yang aman untuk anak, cobalah anda cari atau buat furniture yang pada bagian ujungnya tidak lancip, dan juga ada baiknya terbuat dari bahan yang ringan seperti plastic, dengan begitu mudah untuk dipindah-pindah si kecil. Sedangkan untuk ukuran furniturenya ada baiknya yang sesuai dengan ukuran besarnya badan sang anak, anda bisa memilihkan warna-warna yang cerah, hal ini bertujuan untuk menstimulasi otaknya dan sangat baik untuk aksen ruang.

Area Khusus Menggambar

Salah satu manfaat adanya ruang bermain anak adalah untuk membebaskan anak dalam mengeksporasi kreatifitas dan imanjinasi mereka, khusus untuk anak-anak seusia balita, salah satu kegemarannya adalah mencorat-coret. Oleh karena itu, dengan adanya ruang bermain ini, anda bisa menempatkan area untuk menggambar seperti papan tulis atau meja gambar, sehingga si kecil bisa puas mencorat-coret dan anda pun tak perlu cemas akan dinding yang akan di corat-coret.

Tempat Penyimpanan

Sediakan juga di ruangan bermain anak tersebut beberapa storage atau tempat penyimpanan. Sehingga setelah selesai bermain, anda bisa mengajarkan anak anda untuk langsung membereskan mainannya dan dimasukkan ke kotak penyimpanan tersebut.

Penutup Lantai

Agar ruang bermain untuk anak lebih aman untuk mereka bermain, penutup lantainya juga harus diperhatikan, dalam salah satu cara yang tepat untuk dijadikan penutup lantai adalah dengan menggunakan karpet. Untuk ukurannya tergantung kebutuhan, bila lantai anda telah dilapisi parquet, maka tidak perlu semua ruang diberi karpet, bahannya sendiri, anda bisa menggunakan karpet karet agar lebih mudah di cuci dan terasa empuk untuk si kecil.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Cara Simple Menjadikan Teras Rumah Lebih Cantik, Cara Simpel Merawat Kain Sofa, dan Cara Simpel Merawat Sofa Kulit. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS