Istana Versailles

Istana Versailles

SHARE
Istana Versailles

Megahnya Interior Istana Versailles

Bila kita bicara mengenai desain interior, bisa kita dapatkan dari berbagai macam sumber referensi, baik local maupun Internasional. Hal ini bertujuan untuk menambah informasi mengenai dunia desain interior dari hasil karya desainer-desainer dunia. Dengan semakin bertambah banyaknya informasi interior yang kita dapat, hal ini sangat bermanfaat dalam menentukan interior rumah yang cocok untuk rumah anda.

Salah satu Negara yang paling kaya akan karya-karya arsitektur maupun desain interior adalah Negara Perancis. Negara yang menjadi kiblat dunia fashion dari berbagai Negara itu mempunyai karya-karya arsitektur yang sangat luar biasa, anda bisa melihat beberapa arsitektur di Perancis seperti Menara Eiffel dan Versailles.

Khusus untuk Versailles, bangunan ini mempunyai desain arsitektur dan desain interior yang sangat luar biasa, ukiran-ukiran klasik yang indah serta lukisan pada atap dan dinding Istana tentulah berasal dari hasil karya seniman terbaik. Oleh karena keindahan dari arsitektur dan interiornya istana ini dinobatkan menjadi salah satu World Heritage Site oleh UNESCO pada tahun 1979 ini.

Tak hanya itu, selain mempunyai keindahan pada desain bangunannya, Istana ini juga kaya akan nilai-nilai sejarah baik local maupun dunia. Sekilas mengenai sejarah Istana Versailles Perancis ini, dulu, Istana ini dimaksudkan sebagai rumah persinggahan atau peristirahatan para raja beserta keluarga kerajaan.

Istana Versailles Karya Joana Vasconcelos
Karya Joana Vasconcelos

Namun, saat Raja Louis XIV naik tahta menjadi Raja, pada tahun 1661 Istana Versailles resmi menjadi rumah tinggal Raja Louis beserta anggota keluarga kerajaan. Kemegahan arsitektur dari istana ini sangatlah terasa, membutuhkan waktu sangat lama sekitar 40 tahun dalam membangun istana kerajaan ini, Rancangan dan pembangunan istana ini di dipimpin oleh Arsitek Le Van ( 1612-1670 ) yang dibantu oleh Jules Hardouin Mansart.

Tidak hanya itu, nilai sejarah dunia juga ada pada Istana ini, tercatat Istana ini sebagai saksi bisu diselenggarakannya perjanjian Versailles pada tahun 1919, yang mengakhiri berkecamuknya Perang Dunia I yang melanda Eropa di tahun 1914-1919.

Desain Interior Istana Versailles

Setelah mengetahui sekilas mengenai sejarah Istana Versailles, anda juga pasti ingin mengetahui juga dong seperti apa keindahan yang ada di dalam istana ini, seperti apa sih desain interior istana ini, berapa luas tanah, bangunan dan berapa ruangan yang ada dalam istana ini?? Kalau begitu, keep reading yang sahabat Imania 🙂

Versailles mempunyai luas tanah sekitar 63.154 meter persegi, mempunyai bangunan dengan 2.300 ruangan. Dari 2.300 ruangan itu, ada 1.000 ruangan yang saat ini dijadikan museum, sementara 100 hektar lainnya dijadikan areal taman dan kebun istana.

Istana Versailles Hall of Mirrors
Hall of Mirrors

Ruangan yang terkenal di dalam istana ini adalah ruangan yang bernama Hall of Mirrors dan Hercules Room. Bila anda diatas membahas mengenai perjanjian Versailles yang dilakukan di dalam istana ini, tempatnya adalah disini di ruangan Hall of Mirrors. Desain interior ruangan ini sangat keren, di rancang oleh arsitek Charles Le Brun, ruangan ini merupakan ruang megah yang berupa lorong panjang.

Hall of Mirrors ini dilengkapi dengan cermin-cermin dan plafon yang terdapat banyak lukisan-lukisan, ditambah dengan lampu-lampu Kristal yang sangat cantik dan ornament-ornamen yang dilapisi emas. Sedangkan untuk ruangan Hercules room, hamper sama dengan Hall of Mirrors yang terdapat banyak lukisan-lukisan di langit-langitnya, sangat mengesankan !

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior rumah sahrul gunawan, desain rumah kadarshian, dan tips membersihkan rumah. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS