warna

Karakter Warna

October 19, 2012

Karakter Warna – Setiap warna pasti mempunyai karakter masing-masing, satu warna bisa menggambarkan beberapa karakter. Dalam Desain interior, warna mempunyai peranan yang penting, untuk membuat interior rumah semakin cantik dan indah. Ruangan yang kaya akan kombinasi warna selalu mengundang orang untuk berlama-lama menikmati interior ruang tersebut. Apa konsepnya dan bagaimana tips mengerjakannya??

Warna juga merupakan salah satu alat/desain tool yang paling tepat untuk mencapai efek tertentu dalam desain interior. Setiap jenis warna menciptakan respon fisik dan emosional yang spesifik juga berbeda untuk tiap orang yang menikmatinya. Efek psikologis yang timbul dari satu atau kombinasi beberapa warna menjadi suatu kekuatan yang bisa dimanfaatkan dalam interior.

Melalui kombinasi warna yang tepat, kita bisa menyorot focus/ eye catcher dan memudahkan orientasi pandangan dalam ruang serta member “ kedalaman” maupun dimensi satu benda maupun ruang. Warna juga bisa membangkitkan energy, menjadi ekspresi perasaan ( mood ) dan member persepsi baru yang berbeda bagi orang yang menikmatinya.

Dengan memahami karakter warna dan kombinasinya kemudian menyesuaikan warna tersebut dengan kegiatan maupun orang dalam ruang, kita dapat memaksimalkan penampilan dan kenyamanan ruang. Berikut ini beberapa warna dengan karakternya masing-masing. Berikut informasinya :

Karakter Warna – Warna dengan Karakternya

Warna Merah, memberikan kesan dinamis, enerjik, komunikatif, aktif, bersemangat, sensual, mewah, dan bersifat menstimulasi. Bila terlalu banyak, bisa merangsang perilaku agresif.

Warna Orange, menggambarkan sosialisasi yang bersahabat, percaya diri, ramah dan kesan penuh harapan, kreatifitas serta vitalitas. Bila terlalu banyak bisa merangsang perilaku hiperaktif.

Warna Biru, menghadirkan kesan teduh, dingin, hening, damai, tentram, harmonis, dan merangsang kemampuan intuitif. Namun, bila terlalu banyak, bisa menimbulkan kelesuan.

Warna Kuning, mampu memancarkan kehangatan, cahaya dan cerah, memberi inspirasi, mendorong ekspresi diri maupun kemampuan intelektual

Warna Merah Muda, melambangkan kasih sayang dan perasaan romantic, kesan lembut dan sosok orang muda bahkan anak-anak.

Warna Cokelat, memberikan kesan natural, membumi, stabil, menghadirkan kenyamanan, keyakinan, keamanan, kesan elegan dan akrab. Bila terlalu banyak, bisa berkesan berat atau kaku.

Warna hijau, menyiratkan kesan alamiah, segar, tenang, sejuk, mendorong perasaan empati, meredakan stress, dan menyembuhkan. Namun, bila terlalu banyak menimbulkan perasaan terperangkap.

Warna Ungu, Dekat dengan aura spiritual, magis, misterius, menarik perhatian, memancarkan kekuatan, menambah imajinasi, sensivitas dan obsesif.

Warna Putih, memberi arti keaslian, kesan ringan, polos dan murni. Bila terlalu banyak, bisa menimbulkan perasaan dingin, steril dan terisolasi.

Warna Abu-abu, menggambarkan kesan serius, damai, independen dan luas. Bila terlalu banyak, bisa memberi kesan tidak komunikatif.

Sumber >> ASRI

Itulah beberapa informasi dan tips mengenai Karakter Warna.

Articles You Must Read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Latest Video
Contact Us

Jika kawan-kawan memiliki pertanyaan seputar interior silahkan email atau menghubungi kami pada no telp dibawah ini, dengan senang hati kami akan membantu anda .

Contact us
email : contact@imaniadesain.com
phone : (021)36427777

Our Book
  • Inspirasi Desain Interior Lengkap
Portfolio
  • Ruang Tamu
  • Sofa
  • Ruang Makan
  • Full Furnish
  • Partisi & Panel
  • Wardrobe
  • Kamar Tidur
  • Kitchen Set
  • Credenza
Join With Us @ Facebook !