Apa Itu Kayu Olahan?

February 6, 2009

Kayu olahan dalam pembuatan furniture dan interior adalah bahan baku yang dibuat dari kayu solid yang diolah secara fabrikasi menjadi berbagai jenis material yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture . Hasil olahan kayu tersebut dapat berupa partikel atau serbuk kayu maupun serat kayu seperti partikelboard, dapat pula berbentuk lapisan-lapisan kayu seperti plywood/multipleks, dan pengolahan dengan proses kimiawi seperti MDF (Medium Density Fiberboard) .

Kayu Olahan
Kayu Olahan

Proses pembuatan dari pohon menjadi kayu olahan terbilang sangat efisien dengan memanfaatkan hampir seluruh bagian dari pohon menjadi kayu olahan . Segala bagian dari pohon seperti kulit kayu, sisa potongan serbuk kayu, batang, ranting dsb dapat di proses menjadi kayu olahan . Berbeda dengan material kayu solid yang hanya didapatkan dari batang pohon saja.
Hal ini yang menyebabkan kayu olahan lebih murah dan ekonomis sebagai bahan alternatif pembuatan furniture untuk interior rumah seperti wardrobe, kitchen set dsb .

Namu demikian kayu olahan memiliki kekuatan lebih rendah dibandingkan kayu solid, tapi seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan akan kayu solid yang dipergunakan untuk kebutuhan manusia dalam pembangunan maupun interior, menyebabkan tidak seimbangnya antara persediaan dan permintaan di pasar, yang menyebabkan kayu olahan semakin banyak dipakai sebagai alternatif pembuatan furniture . Kayu olahan jenis multipleks yang baik dapat bertahan lebih dari 10 tahun, tergantung dari kondisi ruangan dan cuaca .

 


Comments

  1. Yudhi baskoro - June 11, 2009 at 12:09 am

    nama pelapis untuk particle board itu apa ya?

  2. ImaniaTeam - July 15, 2009 at 10:21 pm

    Particle Board Dapat dilapis oleh berbagai macam lapisan, dari hpl, tacon, decosit, veener / kulit kayu dll

  3. raiya - April 16, 2010 at 8:21 pm

    berapa sih berat jenis dari multipleks 6mm?

  4. deni - July 30, 2010 at 1:45 pm

    bisa minta penjelasan yg lebih lengkap dan panjang lagi gk? kirimin ke email saya : deninotdog@yahoo.com


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>