Apa Itu Kayu Olahan?

Apa Itu Kayu Olahan?

BERBAGI
jenis kayu olahan particle board

Mengenal Jenis Kayu Olahan

Kayu olahan dalam pembuatan furniture dan interior adalah bahan baku yang dibuat dari kayu solid yang diolah secara fabrikasi menjadi berbagai jenis material yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan furniture . Hasil olahan kayu tersebut dapat berupa partikel atau serbuk kayu maupun serat kayu seperti partikelboard, dapat pula berbentuk lapisan-lapisan kayu seperti plywood/multipleks, dan pengolahan dengan proses kimiawi seperti MDF (Medium Density Fiberboard) .

Proses pembuatan dari pohon menjadi kayu olahan terbilang sangat efisien dengan memanfaatkan hampir seluruh bagian dari pohon menjadi kayu. Segala bagian dari pohon seperti kulit kayu, sisa potongan serbuk kayu, batang, ranting dsb dapat di proses menjadi jenis kayu hasil olahan . Berbeda dengan material kayu solid yang hanya didapatkan dari batang pohon saja.
Hal ini yang menyebabkan kayu lebih murah dan ekonomis sebagai bahan alternatif pembuatan furniture untuk interior rumah seperti wardrobe, kitchen set, kursi makan dan lain sebagainya.

kayu olahan plywoodAda berapa jenis dari kayu yang diolah tersebut? Ada beberapa jenis kayu olahan, seperti particle board, MDF, Black Board dan plywood. Dalam membuat aneka jenis furniture umumnya banyak orang yang menggunakan plywood sebagai bahan dasarnya. Plywood sendiri merupakan jenis kayu yang cukup kuat ketahanannya, sehingga apabila digunakan untuk bahan dasar waktunya bisa sampai lama. Plywood juga merupakan kayu dengan olahan yang paling baik kualitasnya.

MDF

Sedangkan Medium Density Fiberboard atau yang lebih dikenal dengan MDF merupakan serbuk kayu yang proses pembuatannya dicampur dengan resin kimia setelah itu dipadatkan. MDF ini memiliki kelebihan yaitu dalam proses pembuatan furniture atau lainnya, jenis kayu ini cenderung lebih mudah untuk dibentuk, kekuatannya pun stabil, MDF juga bisa diterapkan system finishing seperti HPL, melamix, PVC dan system finishing lainnya.

Beda dengan MDF, Black Board merupakan potongan kayu-kayu dengan ukuran 2-5 cm yang dipadatkan dengan mesin. Dibandingkan dengan kayu yang lain, Black Board termasuk baik kualitasnya dan menjadi kayu hasil olahan tertinggi kedua setelah plywood. Ketebalan Black Board sekitar 12 – 18mm dengan lebar yang sama dengan plywood. Umumnya diluaran sana ada dua black board yang umum diketahui banyak orang yang itu jenis sungkai block dan teak block. Bedanya apa?? bedanya kalau sungkai block lapisan terluar dari kayu sungkai sedangkan teak block merupakan lapisan terluar dari irisan kayu jati.

Namun demikian kayu hasil olahan memiliki kekuatan lebih rendah dibandingkan kayu solid, tapi seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan akan kayu solid yang dipergunakan untuk kebutuhan manusia dalam pembangunan maupun interior, menyebabkan tidak seimbangnya antara persediaan dan permintaan di pasar, yang menyebabkan kayu hasil olahan semakin banyak dipakai sebagai alternatif pembuatan furniture . Kayu hasil olahan jenis multipleks yang baik dapat bertahan lebih dari 10 tahun, tergantung dari kondisi ruangan dan cuaca .

 

5 KOMENTAR

  1. Saya lebih senang dengan warna cat duko di banding finishing melamix.. Pilihan warnanya lebih banyak :)

LEAVE A REPLY