Kebutuhan Interior

Kebutuhan Interior

SHARE
Ruang Makan

Furniture Kebutuhan Interior Rumah

Kebutuhan Interior, Pola pembentukan ruang yang andal, mampu menciptakan “sinergi” yang unik antara kehidupan penghuninya dan ruang itu sendiri. Ruang yang pada dasarnya terbentuk dari pengolahan bidang vertikal dan horizontal, akan memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap kelangsungan hidup manusia di dalamnya.

Fungsi tersebut Memberi kontri­busi kepada aktivitas yang terjadi. Maka semakin sederhana aktivitasnya, semakin sederhana pula pola ruangnya. Hal inilah yang diterapkan pada desain interior rumah tinggal.

Ruang yang nyaman dan indah tidak harus berupa ruang yang lebar-lebar, luas dan tinggi atau yang tampil seimbang dimensinya dan sesuai kebutuhan desain interior. Berbagai variasi tersebut me­rupakan gambaran realistis bahwa seperti apapun ruang yang tersedia, bisa dirancang sedemikian rupa asalkan beberapa aspek kebutuhan penghuninya dipertimbangkan.

furniture kebutuhan interiorPada rumah ini, dirancang ruang-ruang yang memang sudah tampil sederhana dan cukup pula menampung beberapa perabotan berukuran cukup lebar dan besar. Ruang dalam yang meliputi ruangan duduk, ruang makan dan dapur bersih terbentuk dari bidang horizontal yang lebih besar daripada bidang vertikalnya dan akhirnya menciptakan ruang yang berkesan lebar.

Sebenarnya, ukuran ruang yang terdapat di dalamnya juga bergantung pada aktivitas yang ditampung dalam ruang itu sendiri. Ruang duduk tamu misalnya tampil rapi pada posisinya menurut ukuran sebuah ruang masa kini. Tetapi bila diperhatikan dengan saksama, dan membawa suasana alami ke dalam ruangan melalui bahan rotan, akar dan sejenisnya yang diterapkan dalam bentuk sofa satu dudukan dan tiga dudukan, coffee table dan nakas-nakas di ruangan tamu.

Di antara ruangan duduk tamu menuju ruangan makan masih terdapat ruangan kosong yang difungsikan untuk tangga rumah, tetapi sebenarnya masih bisa dimak­simalkan. Ruangan yang luas biasanya memang nyaman tetapi jangan sampai karena terlalu luas bisa berkesan kosong bila tidak tepat menatanya.

Ruangan “kosong” ini memiliki dimensi ruang yang tepat untuk sebuah ruangan penerima, jadi memang lebih cocok untuk fungsi tersebut meskipun pemilik tidak menginginkan perabotan untuk sebuah foyer.

Jadi luas ruang yang sesuai dengan kebutuhan, bisa lebih menjamin kenyamanan penghuni dan bisa pula dijadikan ruangan yang cantik, nyaman dan hangat tanpa menampilkan perabotan yang berlebihan.

Ruangan makan di rumah ini membentuk sebuah area tersendiri dengan pola ruang terpusat. Satu set furniture makan yang berkapasitas enam orang ditempatkan di bawah permainan plafon yang dilengkapi pencahayaan internal. Pada waktu meren­canakan besar ruangan makan, yang diper­timbangkan adalah ukuran meja makan dan kursi, lemari penyimpan, pencahayaan dan ventilasi.

Ukuran meja makan sebaiknya disesuaikan dengan jumlah kursi yang dihitung dari jumlah anggota keluarga inti yang biasa makan bersama. Bentuk meja makan yang dipilih adalah persegi panjang. Meja ini memiliki sifat formal karena lokasinya terpisah dan terpusat serta bisa juga menampung 8 orang.

Ruangan makan formal ini tidak terbuka ke dapur tetapi memiliki kemudahan akses ke arah pantry supaya sirkulasi lalu lintas lancar dan leluasa untuk penyajian hidangan.

Lemari penyimpan tidak ditampung di ruangan makan tetapi dialokasikan ke dalam dapur bersih supaya rapi. Lemari penyimpan untuk ruangan makan yang dirancang di dalam kabinet dapur akan membantu penyimpanan peralatan makan tanpa meng­ganggu ruang makan formal yang cantik. Begitu pula dengan pencahayaan yang dirancang dengan lampu gantung.

Lampu gantung di atas meja biasanya paling sesuai untuk ruangan makan. Fasilitas pengatur intensitas cahaya (dimmer) sangat membantu penciptaan suasana ruang. Ventilasi di ruangan makan ini cukup baik karena udara segar mengalir ke dalam ruangan dan cahaya alami masuk melalui kisi-kisi. Demikian pula dengan ruangan duduk keluarga dirancang dengan pendekatan teknik yang sederhana.

Dengan rancangan yang tidak rumit, dapat merealisasikan kebutuhan penghuni rumah. Estetika desain interior diterapkan dalam pengolahan dimensi ruangan dan elemen penting dalam produk interiornya sehingga menghasilkan ruangan yang akomodatif untuk masa depan.

Demikian Informasi seputar mendesain sesuai Kebutuhan desain Interior. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai desain interior modern tropis, japanesse style, dan desain sweet chocolate. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY