Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah dengan Sistem KPR

Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah dengan Sistem KPR

SHARE
pict by rumahtrendy .com

Setiap orang pasti ingin memiliki rumah mereka sendiri. Namun harga rumah yang terbilang cukup tinggi membuat banyak orang kesulitan untuk mewujudkan impiannya tersebut. Salah satu cara untuk mempermudah orang yang ingin memperoleh rumah adalah dengan system KPR. Pembelian hunian tempat tinggal menggunakan system KPR atau Kredit Pemilikan Rumah sangat diminati karena dapat meringankan beban biaya yang harus ditanggung.

Terdapat banyak keuntungan yang ditawarkan oleh system yang satu ini, salah satunya adalah biaya awal pembelian rumah yang lebih murah. Biasanya sekitar 20 sampai 30 persen dari harga rumah. Sang calon pembeli atau debitur hanya diharuskan untuk melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan dan membayar uang mukanya saja kepada pengembang atau pemilik rumah.

Sebenarnya apa itu system KPR dan apa saja kelebihan serta kekurangannya? Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai system Kredit Pemilikan Rumah.

Keuntungan-Keuntungan KPR

Biaya Awal yang Lebih Ringan

Dengan biaya awal atau uang muka yang lebih ringan tentunya akan membuat anda bisa lebih cepat memiliki rumah, terutama jika anda memiliki dana yang terbatas dan masih harus membayar kebutuhan yang lainnya.

Yang perlu anda lakukan hanyalah memenuhi pesyaratan yang dibuat oleh bank, diantaranya adalah membayar Down Payment (DP) sebesar 15-20% dari harga total. Termasuk juga surat-surat dan biaya administrasinya.

 

Legal dan Berpayung Hukum

Membeli rumah dengan system Kredit Pemilikan Rumah bersifat legal dan memiliki perlindungan secara hukum. Bank atau penyandang dana hanya akan memberikan dana atau memproses pembelian rumah yang memiliki sertifikat dan sesuai dengan undang-undang yang legal. Sehingga anda akan memiliki hunian tempat tinggal yang aman, legal dan tentunya tidak akan menimbulkan masalah dikemudian hari.

 

Siap Huni

Rumah yang akan anda beli akan langsung bisa diisi setelah semua proses selesai tanpa harus menunggu rumah anda selesai dibangun jika anda membuat sendiri dari awal. Bahkan anda bisa mengisi setelah pembayaran DP walau pinjaman anda masih belum lunas sepenuhnya.

 

Investasi Jangka Panjang

Anda bisa menjadikan rumah yang anda beli dengan KPR sebagai salah satu investasi jangka panjang. Apalagi jika rumah tersebut terletak di lokasi yang sangat strategis dan memang ramai dikunjungi banyak orang.

 

Biaya Cicilan dari Uang Sewa

Anda bisa mendapatkan uang tambahan untuk membayar cicilan rumah atau untuk kebutuhan sehari-hari dengan menyewakan rumah anda anda miliki ke orang lain.

 

Adanya Asuransi

Pada setiap premi asuransi biaya juga disertai dengan biaya asuransi yang digunakan untuk memberi perlindungan untuk rumah anda dari berbagai resiko seperti kebakaran, kerusakan dan lain-lain.

Lihat juga: Tips Memakai Jasa Tukang untuk Membangun atau Renovasi Rumah

 

 

Kekurangan-Kekurangan KPR

  • Harga rumah yang menggunakan system KPR lebih tinggi dibandingkan kita membeli langsung tanpa cicilan. Biasanya karena ada tambahan dari bunga, administrasi, asuransi dan lainnya.
  • Prosedur yang cukup lama dan merepotkan dibandingkan
  • Anda harus mempersiapkan cukup banyak dokumen seperti kartu keluarga, KTP, buku nikah, slip gaji, dan dokumen lainnya.

 

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS