Kelebihan dan Kekurangan Taman Vertikal di Hunian Tempat Tinggal

Kelebihan dan Kekurangan Taman Vertikal di Hunian Tempat Tinggal

SHARE
sumber: pinterest .com

Taman vertikal atau dikenal juga dengan sebutan Vertical Garden merupakan salah satu cara untuk membuat taman selain dengan cara biasa atau konvensional. Sesuai dengan namanya, taman vertikal adalah taman yang dibuat secara vertikal dan biasanya ditempatkan dipermukaan dinding rumah atau menggunakan rak yang menjulang keatas.

Cukup banyak jenis-jenis tanaman yang bisa ditanam dengan menggunakan sistem yang satu ini, mulai dari tanaman hias bunga, tanaman hias hijau, atau juga buah dan sayuran konsumsi. Sistem vertikal garden atau taman vertikal sebenarnya sudah cukup lama dikenal, tentunya terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan didalam sistem ini. Berikut informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari sistem taman vertikal atau Vertical Garden.

 

Keuntungan Menggunakan Sistem Taman Vertikal

sumber: pinterest .com

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari menggunakan tehnik vertikal atau tehnik tegak. Keuntungan-keuntungan berikut membuat tehnik ini sangat popular saat ini.

Memaksimalkan Lahan Terbatas

Apalabila anda memiliki lahan yang terbatas, maka sistem taman vertikal sangat tepat untuk digunakan, karena tehnik tersebut tidak membutuhkan lahan yang luas dalam penerapannya. Bahkan jika anda tidak memiliki lahan sekalipun.

Mempercantik Tampilan Rumah

Taman vertikal dapat meningkatkan daya tarik dan tampilan baik itu untuk interior maupun eksterior rumah. Selain itu juga dapat memberikan kesan natural dan asri.

Mengurangi Polusi Udara

Dengan membuat taman vertikal didalam maupun diluar ruangan, akan membuat udara disekitar rumah menjadi lebih bersih dan segar. Taman baik itu vertikal ataupun taman biasa memang sudah dikenal mampu untuk mengurangi polusi udara. Namun taman vertikal juga bisa dipasang di dalam ruangan seperti ruang tamu, sehingga udara didalam rumah pun menjadi lebih bersih dan sejuk.

Mengurangi Resiko Tanaman Sakit

Tanaman yang menggunakan tehnik tegak atau vertikal dapat meningkatkan sirkulasi udara, hal tersebut membuat tanaman menjadi lebih terlindungi dan terbebas dari hama serta penyakit yang menjangkit tanaman. Hal tersebut juga dapat mengurangi resiko kerusakan tanaman karena terinjak atau karena serangan hewan liar.

Dapat Menanam Banyak Jenis Tanaman

Walau memiliki lahan yang sedikit, anda tetap bisa menanam banyak tanaman dengan cukup banyak macam atau jenis tanaman yang bisa ditanam. Anda bisa menanam lebih dari satu asalkan anda memiliki dinding yang kosong dan bisa dimanfaatkan.

Lihat juga: Tips Membuat Taman Minimalis Sendiri di Rumah

 

Kekurangan menggunakan Sistem Taman Vertikal

Taman vertikal bukannya tidak memiliki kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan atau kelemahan dati tehnik vertikal.

Cepat Mengering

Taman vertikal terkadang lebih cepat kering dibanding taman biasa. Hal tersebut karena taman vertikal yang diletakkan diluar dan dekat dengan jalan akan membuat tanaman menjadi lebih cepat kering, selain itu tanah juga akan lebih cepat kehilangan air karena cahaya matahari atau suhu udara yang panas.

Sebaiknya siram secara rutin atau gunakan peyemprot air otomatis agar tanah dan tanaman selalu segar dan basah.

Biaya Lebih Mahal

Dibandingkan dengan sistem konvensional, vertical garden membutuhkan biaya yang bisa dibilang lebih besar. Hal tersebut karena tehnik ini memerlukan beberapa peralatan khusus, terutama karena ditempatkan di dinding rumah.

 

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS