Keramik Lantai

Keramik Lantai

October 12, 2012

Tips Memilih Model Keramik Lantai

Keramik lantai – Tahukah anda, elemen apa yang wajib ada saat membangun rumah?? Hayoo apa :) yupp, Keramik jawabannya. Keramik adalah salah satu elemen yang wajib ada saat kita membangun rumah, coba bayangkan kalau membangun rumah tanpa keramik,, rasanya ada sesuatu yang kurang gt, ibaratnya kaya makan sayur tanpa garam, tanpa lauk, dan tanpa mangkok/piring ( just kidding :) ).

Walaupun, keramik ini nantinya akan di injak-injak, tetapi bisa berfungsi juga sebagai penghias rumah, karena semakin banyak model keramik yang beraneka ragam. Dulu, mungkin keramik hanya berwarna putih polos tanpa ada hiasannya, namun, saat ini, keramik sudah bermacam-macam model, dan ada yang ada gambarnya, di ukir dan lainnya.

Keramik lantai banyak kelompoknya, ada keramik yang digunakan untuk outdoor ( luar ) dan ada yang indoor ( dalam ). Lalu, apa yang membedakannya?? Perbedaan dari dua keramik tersebut adalah dari permukaannya. Untuk keramik indoor permukaannya lebih halus, dan untuk keramik outdoor permukaannya lebih kasar.

Sedangkan untuk jenis keramiknya, hal ini dilihat dari aplikasi pemakaiannya, yaitu ada keramik untuk kamar tidur, keramik kamar mandi, keramik, ruang tamu, keramik dapur, dan lainnya. Lalu, kalau dari ukurannya gimana??

Dari ukurannya, biasanya untuk keramik lantai biasa dibuar bermacam ukuran. Seperti ukuran 20×25 untuk dapur atau dinding kamar mandi, keramik yang berukuran 30×30 digunakan untuk lantai, keramik ukuran 20×20 digunakan untuk keramik dilantai kamar mandi, dan keramik yang berukuran 40×40 digunakan untuk pemakaian penutup lantai dengan ukuran yang agak luas.

Sebenarnya, keramik terbuat dari campuran semen, gypsum, dan pasir halus. Namun, yang memiliki permukaan berupa press printing dengan beraneka warna dan motif yang cantik. Sehingga, ruangan seperti apapun, baik yang luas, sempit, sederhana, dan biasa saja, setelah ditutupi oleh keramik, tentu akan beda kesannya, kesannya akan tampak mewah, berkelas, menawan, dan “wah” .

Tips Memperbaiki Nat Keramik Lantai yang Rusak

Salah satu kerusakan yang sering dijumpai pada lantai rumah tinggal adalah rontoknya nat keramik. Rontoknya nat keramik ini sering terjadi pada lantai kamar mandi. Hal ini bisa disebabkan oleh penggunaan cairan pembersih lantai bahan kimianya terlalu keras, sedangkan kualitas bahan untuk nat tidak bagus sehingga nat pun menjadi rontok. Bahkan, jika rontoknya nat keramik tersebut terjadi dikamar mandi lantai atas maka dapat terjadi rembesan pada dak beton sehingga dapat merusak plafon di lantai bawahnya.

keramik lantai kamar mandi

banyak orang menggunakan semen warna/ oker sebagai bahan penutup nat. Padahal bahan tersebut kurang bagus sebagai penutup nat karena tidak memiliki sifat fleksibel. Apabila sudah kering, oker mudah patah dan getas sehingga menyebabkan nat keramik mudah rontok. Solusi yang dapat dilakukan adalah menggunakan semen instan sebagai bahan nat. Keunggulan dari semen instan yaitu mengandung bahan lateks yang menyebabkan memiliki sifat fleksibel sehingga dapat memuai dan menyusut mengikuti cuaca.

Alat dan Bahan yang digunakan :

  • Kape
  • Adukan Semen Instan
  • Karet/busa

Langkah-langkahnya :

  1. Kerok nat keramik yang lama dengan menggunakan kape
  2. Aduk semen dengan air sesuai standar yang tertera pada label kemasan
  3. Oleskan adukan semen dengan menggunakan karet/busa pada nat keramik
  4. Biarkan sekitar 5-10 menit hingga nat dari semen tersebut kering
  5. Bersihkan permukaan keramik yang kotor akibat adukan semen dengan menggunakan karet/ busa.

Model keramik Lantai

Berikut ini beberapa informasi mengenai model-model keramik. Berikut informasinya :

Keramik lantai model natural

Keramik model natural ini dibuat berbahan dasar tanah liat yang diproses dengan di bakar dan diberikan warna yang sesuai dengan keinginan. Model keramik ini bisa memberikan kesan klasik dan etnik pada rumah

Keramik lantai berpola

Jika anda ingin membuat rumah anda berkesan modern, anda dapat memilih keramik dengan model berpola ini. Keramik berpola dapat memberikan kesan modern pada rumah. Pada saat dipasang, kesan yang ditimbulkan adalah lantai yang bersih, natural dan berbentuk tegas. Bahkan hamper menyerupai batu alam.

Keramik lantai model glazed

Keramik ini biasanya digunakan di kamar mandi. Keramik ini tersedia dalam berbagai macam pola dan warna yang dapat kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Yang menarik dari kerami ini adalah, keramik ini bisa memunculkan berbagai gaya dan pola pada ubin. Seperti, pola mozaik dan gaya fresco Italia. Ketika memasang keramik ini, anda bisa membuat jarak antar ubin bisa di buat hingga jarak yang minimum.

Demikianlah sahabat Imania  beberapa informasi dan model-model keramik lantai. Bila sahabat Imania ingin konsultasi mengenai bagun rumah baru maupun renovasi, desain interior, anda bisa langsung menghubungi kami via telepon di (021)36427777 atau melalui email di contact@imaniadesain.com.

Articles You Must Read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Latest Video
Contact Us

Jika kawan-kawan memiliki pertanyaan seputar interior silahkan email atau menghubungi kami pada no telp dibawah ini, dengan senang hati kami akan membantu anda .

Contact us
email : contact@imaniadesain.com
phone : (021)36427777

Our Book
  • Inspirasi Desain Interior Lengkap
Portfolio
  • Gambar Ruang Tamu
  • Sofa
  • Gambar Ruang Makan
  • Gambar Furniture
  • Partisi & Panel
  • Gambar Wardrobe
  • Gambar Kamar Tidur
  • Gambar Kitchen Set
  • Gambar Credenza
Join With Us @ Facebook !