Lantai Kayu

Lantai Kayu

SHARE
lantai kayu
lantai kayu

Tips Perawatan Lantai Kayu

Lantai Kayu ~ Kayu merupakan material favorite untuk furniture dan elemen desain interior. Selain memiliki serat dan warna yang indah, kayu dapat menghadirkan suasana hangat dan alami. Kayu yang dipakai sangat bervariasi. Ada kayu lokal seperti Mahogany, Teak, Nyatoh, dll dan juga kayu impor seperti Walnut, Maple, Cherry, Sapele, Oak, Sycamore, Anegre. Selain kayu lokal dan impor ada pula kayu olahan , olahan kayu tersebut dapat berupa partikel atau serbuk kayu maupun serat kayu seperti partikelboard, dapat pula berbentuk lapisan-lapisan kayu seperti plywood/multipleks dan pengolahan dengan proses kimiawi seperti MDF (Medium Density Fiberboard) .

Produk furniture yang memanfaatkan material alam yang jarang digunakan seperti sisa batang pohon/wood branch. Terobosan baru pada produk ini juga merupakan wujud dukungan terhadap program berwawasan lingkungan (green design). Dengan pemakaian irisan kayu (veneer) berarti kita mengurangi penggunaan kayu gelondongan tanpa mengurangi keindahan estetika produk tersebut. Dengan pengerjaan yang teliti, veneer ini dapat memberi tampilan yang serupa dengan furniture dari Kayu Solid.
Material kayu untuk penutup lantai memberi kesan “hangat” dan natural. Pilihan jenis dan kreativitas dalam penerapannya di lapangan merupakan upaya yang melengkapi nilai sebuah karya desain interior.
Pemakaian Lantai kayu parket untuk penutup lantai hanya diterapkan pada ruang – ruang publik. Beberapa ruangan dalam desain interior rumah tinggal seperti kamar tidur dan ruangan duduk keluarga kini sudah mulai banyak menggunakan parket untuk penutup lantai. Hal ini juga diterapkan diruang – ruang pribadi lain yang membutuhkan elemen interior yang menunjang kesan hangat.
Parquet dibuat dari beberapa lapisan. Lapisan struktural yang merupakan kayu lapis (plywood) atau , yang terdiri dari beberapa lapis yaitu lapisan atas (face layer), lapisan tengah (middle layer) dan lapisan bawah (bottom layer). Face layer berasal dari Solid wood atau disebut juga solid surface dipilih dari jenis kayu yang memiliki keindahan tekstur dan keindahan warna yang alami.
Saat ini sudah diproduksi lebih dari 100 tipe desain interior , yang bahannya diambil dari kayu lokal dan kayu impor yang khusus karakternya. Keberagaman tekstur solid surface tersebut merupakan keunggulan.
Dari berbagai jenis produk yang diproduksi, tipe Line saat ini sedang menjadi favorit karena memiliki karakter yang sesuai dengan bangunan modern kotemporer yang banyak dibangun.
Pola face layer dihasilkan dari inovasi dengan cara membuat beberapa jenis Kayu Solid yang sangat berbeda karakter dan warnanya dalam susunan vertikal lalu dipotong melintang sehingga menghasilkan lapisan multistripes yang sangat dinamis (mixed wood cocktail line).
Dalam perawatannya parquet membutuhkan perhatian khusus dikarenakan parquet sedikit lebih sensitive. Oleh karena itu kami berbagi tips bagaimana cara membersihkannya. Ini adalah tips cara merawat lantai kayu parket :
jenis lantai kayu lantai kayu parket
1. Perhatikan instruksi bagaimana cara mengepel dari tukang kayu saat anda memutuskan untuk memilih parquet. Jika suatu saat ada noda kopi atau teh yang tumpah, bersihkan daerah yang terkenan noda tersebut dengan kain basah yang bersih terlebih dahulu. Usahakan agar tidak menetes.
2. Sapu semua kotoran, debu atau pertikel kotoran lainnya. Dengan begitu, anda akan akan lebih mudah untuk membersihkan dan mengepel parquet.
3. Pilih dan gunakan kain pembersih yang tepat, bagus dan benar. Perhatikan banyaknya cairan digunakan yang tepat, jangan terlalu banyak, karena hal ini dapat meninggalkan noda membandel dan semakin sulit dibersihkan di parquet.
4. Lakukan proses pengeplan dua kali saat itu juga. Namun bukan berarti lantai kayu anda harus dipel dua kali sehari. Setelah lantai dari kayu dipel dengan kain lembab atau basah, keringkan kembali dengan cara mengepel untuk kedua kalinya dengan kain kering yang bersih sehingga air cepat diserap.
5. Saat proses perawatan dengan mengepel lantai dari kayu selesai, hindari parket diinjak atau dilalui jejak kaki. Anda dapat memilih kain dari bahan katun untuk melakukan pengepelan di lantai dari kayu rumah anda.
Demikian lah tips perawatan jenis lantai kayu. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai ruang kerja, terarium, dan credenza melati vista. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY