Lemari

Lemari

BERBAGI
lemari
lemari

Tips dalam merawat lemari pakaian

Apasih fungsi dari lemari pakaian atau cabinet pakaian itu?? Fungsi utama wardrobe adalah untuk menyimpan barang-barang/benda agar rumah terlihat lebih rapih. Lemari baju merupakan salah satu perabot rumah yang terbuat dari bahan dasar kayu. Tetapi ada juga lemari pakaian minimalis yang terbuat selain dari kayu, seperti terbuat dari plastic, triplek, dan serat/serbut-serbut kayu yang dipadatkan.

Setiap rumah pasti memiliki cabinet, baik yang dari kayu, plastic, atau serbuk kayu yang dipadatkan. Tapi, apakah cabinet itu sudah dirawat dengan benar?? Bagaimana cara merawatnya?? Untuk merawat wardrobe cukup mudah, berikut tips-tipsnya :

desain wardrobe Wardrobe Telaga Golf Wardrobe Palem

Lemari pakaian minimalisPerhatikan jarak cabinet dengan dinding

Disarankan jangan menaruh wardrobe terlalu dekat/menempel dengan dinding, karena dinding akan lebih lembab ketika musim hujan, sehingga dapat menyebabkan jamur. Jarak yang baik antara dinding dengan cabinet adalah sekitar 5-10 cm dari dinding.

Tujuannya di kasih jarak adalah untuk memudahkan anda dalam mengawasi dinding yang ada di belakang cabinet, apakah dinding tersebut masih kering atau lembab.

Lakukan pemeriksaan rutin pada cabinet

Periksalah secara rutin dinding belakang wardrobe anda, hal ini akan lebih mudah dilakukan apabila tips pertama telah anda lakukan. Pemeriksaan pada dinding belakang dilakukan untuk mengetahui apakah dinding tersebut masih kering atau sudah lembab.

Bersihkan Wardrobe

Bersihkan lah wardrobe dengan mengeluarkan barang-barang yang ada di dalamnya. Kemudian jemur cabinet tersebut atau dekatkan dengan cahaya matahari. Lakukan hal ini minimal 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali.

Terkadang hal seperti ini membuat kita malas, akan tetapi hal ini akan bermanfaat bagi kita. Mengeluarkan isi cabinet, kita akan tahu bagaimana keadaan dalam cabinet tersebut, terkadang cabinet yang sudah lama dan tidak di liat bagian dalamnya, tahu-tahu bagian dalam melamintonya sudah bolong, atau banyak yang keropos.

Mengeluarkan isinya dan menjemur wardrobe, akan menjaga kualitas cabinet tersebut. Wardrobe akan tetap kering dan tidak mudah lembab, cabinet pakaian pun akan tetap awet, dan bisa kita gunakan dalam jangka panjang.

Pastikan wardrobe dalam keadaan kering

Khusus untuk wardrobe pakaian, sangat disarankan jangan memasukkan pakaian ke dalam wardrobe sebelum pakaian tersebut benar-benar dalam keadaan kering. Pakaian yang masih lembab dan ditaruh di dalam cabinet, akan menyebabkan bau tak sedap, selain itu, akan menjadi tempat yang nyaman bagi semut untuk bertelur dan dapat mengundang jamur.

Jadi pastikan pakaian anda benar-benar kering sebelum masuk ke wardrobe. Tata pakaian dengan rapi dan jangan menumpuk pakaian di dalam wardrobe terlalu tinggi, karena akan membuat pakaian menjadi lebih tersusun padat. Hal ini akan memberikan lebih banyak peluang untuk tumbuhnya jamur.

Untuk cabinet pakaian, anda dapat memilih jenis cabinet pakaian yang terdapat tempat penyimpanan pakaian yang digantung Pakaian yang disusun secara bergantung memiliki sirkulasi udara yang lebih daripada pakaian yang di tumpuk.

Membersihkan wardrobe dengan lap kering

Jika wardrobe anda sudah terlanjur berjamur, bersihkanlah jamur dengan lap kering. Setelah gumpalan jamurnya hilang, lap dengan lap basah hingga sisa jamurnya benar-benar bersih. Kemudian jemur cabinet pakaian hingga benar-benar kering, anda bisa menggosokkan wangi-wangian yang tidak disukai oleh semut kepermukaan cabinet.

Pastikan minyak/wangi-wangian yang dipakai tidak akan meninggalkan bekas pada pakaian. Jadi tunggu sampai minyak yang digunakan benar-benar kering sebelum anda memasukkan barang-barang ke dalam cabinet.

Mencegah Jamur kembali

Anda dapat mencegah datangnya jamur kembali, yaitu dengan cara bagian belakang cabinet pakaian bisa anda lapisi dengan lakban serapat mungkin. Lakban juga bisa berfungsi mencegah kelembapan saat bersentuhan dengan dinding. Atau anda juga dapat menggunakan potongan karpet, kain plastic dan lainnya yang dapat menjaga cabinet dari kelembapannya.

Itulah beberapa tips dalam merawat cabinet pakaian. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai fungsi karpet, interior apartemen, jenis kompor gas. Selamat membaca, Happy Design :)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY