Macam-Macam Granit Lantai Rumah, Kelebihan Granit dan Harga

Macam-Macam Granit Lantai Rumah, Kelebihan Granit dan Harga

SHARE
manfaat batu granit

Saat ini ada beberapa bahan yang bisa digunakan sebagai bahan lantai dirumah kita. Salah satunya adalah bahan granit yang sangat bagus dan memiliki banyak keuntungan jika digunakan untuk lantai hunian tempat tinggal kita. Macam-macam granit juga bervariasi baik dari segi corak, warna maupun ketebalan. Harga granit juga bervariasi tergantung dari kualitas dan juga tampilan dari lantai granit yang anda inginkan.

Granit lantai rumah bisa menjadi pilihan yang sangat tepat karena memberikan kesan modern, elegan dan tampilan yang menarik. Tampilan interior rumah juga jadi lebih nyaman, adem, sejuk, dan terlihat lebih natural. Hal tersebut karena batuan alam ini dapat membuat suasana dalam ruangan menjadi sejuk dan tidak panas.

Buat kamu yang ingin tahu mengenai bahan yang satu ini, berikut ini kami informasikan mengenai macam- macam jenis granit, kelebihan, dan juga cara memilih batu granit lantai rumah dengan tepat dan sesuai dengan interior rumah anda.

 

Macam-Macam Granit Lantai Rumah

Batu granit yang digunakan untuk lantai rumah sendiri memiliki berbagai karakteristik dan jenis-jenis yang berbeda. Mengetahui jenis granit akan sangat berguna terutama jika anda ingin membeli untuk digunakan sebagai lantai rumah atau untuk keperluan lain, misalnya untuk digunakan di kitchen set anda.

Berikut ini adalah beberapa jenis batu granit yang ada dipasaran dan bisa anda pilih sebagai referensi rumah anda.

 

Batu Granit Emas
OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jenis batu granit yang pertama adalah batu granit mas. Jenis batu yang satu ini dapat memberikan kesan yang elegan didalam rumah anda. Interior rumah akan terlihat lebih natural dan juga lebih memberi kesan ‘kilau’ karena memang sifat batu granit yang permukaannya mengkilap.

Jenis batu yang satu ini sangat pas untuk diterapkan di hunian tempat tinggal minimalis. Kebanyakan batu jenis ini digunakan untuk lantai gedung atau bangunan besar lainnya.

 

Batu Granit Hijau

Jenis batu granit hijau cukup popular digunakan untuk hunian tempat tinggal seperti rumah atau apartemen. Warna hijau dari batu granit hijau ini memberikan kesan alami dengan gradasi yang bermacam-macam.

Warnanya yang menarik dan alami membuat jenis batu granite yang satu ini sering dipasang diruang tamu, ruang depan dan ruangan lainnya.

 

Batu Granit Hitam
source: alibaba .com

Jenis granit hitam termasuk salah satu tipe yang sangat popular diantara jenis lainnya. Hal tersebut karena tampilan dan warnanya yang memberikan kesan elegan dan modern didalam rumah. Tipe warna yang satu ini sangat sering digunakan sebagai alas meja, kitchen set, atau juga sebagai lantai di berbagai hunian tempat tinggal.

 

Jenis Batu Granit Putih
source: alibaba .com

Selanjutnya dari macam batu granit yang ada dipasaran adalah granite putih yang memiliki harga yang bisa dibilang lebih murah dibandingkan dengan warna hitam dan hijau. Granit ini juga paling sering digunakan karena harganya yang murah tadi. Terutama granit putih digunakan sebagai permukaan lantai rumah atau apartemen atau bisa juga dinding dan permukaan meja dibagian kamar mandi, dapur dan lain-lain.

 

Ubin Granit

Ubin granit saat ini juga semakin popular dan banyak dijadikan pilihan utama dibandingkan dengan keramik karena memiliki kualitas bahan yang baik dan kuat, serta tampilannya yang cukup cantik dan menarik. Karena memiliki ketahanan yang tinggi, bahan ubin granit sering digunakan untuk bahan lantai gedung perkantoran atau rumah.

 

Jenis Granit Coklat

Granit warna coklat sangat cocok dikombinasikan dengan bahan lain seperti keramik, logam dan kayu yang membuat rumah anda menjadi lebih menarik dan lebih sempurna.

Lihat juga: Tips Membersihkan Kitchen Set dan Perawatan

 

Kelebihan-Kelebihan Granit

Kesan Alami

Batuan granit dapat memberikan kesan elegan dan modern, keunggulan lainnya ialah dapat memberikan kesan yang natural dan alami pada rumah. Sangat cocok untuk diaplikasikan ke dalam rumah bergaya minimalis dan tropis yang sedang trend saat ini. khususnya untuk bagian dalam desain interior rumah dan desain dapur minimalis anda.

Tahan Suhu Panas

Fungsi dapur adalah tempat untuk kita memasak, maka dari itu, daerah yang ada disekitar kompor khususnya meja kabinet, pastilah akan terasa panas juga. Bila lapisannya atau bahan permukaan kitchen set terbuat dari keramik atau plastic, dikhawatirkan tidak akan tahan panas dan bisa terjadi kebakaran. Hal tersebut tidak termasuk denga granit, granit cenderung memiliki ketahanan terhadap  panas yang tinggi.

Tahan Lama   

Batu Granit mempunyai kualitas keawetan yang dapat bertahan lama, hal ini sangat baik untuk jangka panjang. Memang, untuk harga dari granit relatif cukup mahal dibandingkan dengan keramik, namun tentunya tergantung dari jenisnya pula, Akan tetapi, harga tersebut terbayarkan dengan benefit yang kita dapat dari granit tersebut, serta lebih awet.

Tahan Gores dan Beban Berat

Keunggulan lain dari lantai atau kitchen set yang menggunakan granit ialah dari proses pembuatannya. Lantai rumah tinggal dengan berbahan granit dibuat dengan cara permukaan nya dipoles sampai mengkilap sehingga jauh lebih tahan gores atau benda jatuh. Lantai granit juga sangat kuat dan sanggup menahan beban berat hingga maksimal 500 kg. Sehingga memiliki keunggulan dibandingkan keramik.

Mudah Dibersihkan

Selain itu lantai granit juga mempunya daya serap air yang relatif kecil yaitu hanya sekitar 0,05% jika kita bandingkan dengan lantai yang menggunakan bahan keramik. Jika tampak kusam, cukup poles dengan bubuk khusus yang ada tersedia dipasaran.

 

 

Itulah info mengenai jenis batu granit dan kelebihan dari bahan tersebut. Untuk harga granit sendiri sangat bervariasi tergantung dari jenis, ukuran, dan corak granit tersebut. Biasanya harganya dihitung per meter untuk granit kitchen set, dengan puluhan hingga ratusan ribu permeternya. Untuk info lengkap mengenai pembuatan kitchen set, anda bisa menghubungi kami DISINI.

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS