Macam macam Jenis Lampu yang biasa digunakan pada Interior Rumah

Macam macam Jenis Lampu yang biasa digunakan pada Interior Rumah

SHARE

Jenis Lampu- Penerangan alami pada luar ruangan dengan cahaya matahari, penerangan dengan lampu disebut juga penerangan buatan. Lampu menjadi element yang sangat penting dalam ruangan yang gelap terutama pada malam hari. Ternyata lampu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Contohnya memilih lampu yang hemat energy akan mempengaruhi lama lampu tersebut, juga menghemat biaya operasional listrik.

Berikut ini kami bahas satu persatu jenis lampu dan kelebihannya

  1. Lampu Pijar (biasa)

Menurut Wikipedia.org Lampu pijar adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.

Banyak orang saat ini menggunakan lampu pijar karena mudah didapatkan di warung-warung terdekat. Selain itu harganya yang murah dan tampilan lampu yang memancarkan warna kuning di lampu pijar ini terasa hangat. Namun untuk daya tahan lampu pijar ini bertahan 3-4 bulan saja.

Warna cahaya lampu pijar adalah kuning

Derajat suhu warna 2500-2700 K (Kelvin)

 

  1. Lampu TL (Fluorescent)

Jenis lampu ini biasa disebut lampu neon. Lampu neon bentuknya bermacam-macam, ada yang bentuknya memanjang, bentuk spiral atau tornado. Dan ada juga yang berbentuk miring seperti lampu pijar. Dan juga bentuk memanjang vertical dengan vitting.

Walaupun lampu ini memiliki cahaya yang lebih terang dan lebih hemat energy.

Warna cahaya lampu pijar adalah:

kuning (2’700 K – 3’000 K)

netral (3’500 K – 4’500 K)

putih (5’500 K – 6’500 K)

 

  1. Lampu LED

Lampu ini merupakan semikonduktor yang memancarkan cahaya ketika dialiri listrik.

Lampu LED memancarkan cahaya lewat aliran listrik yang menghasilkan banyak panas. Karena itu lampu LED jika terpasang tidak menambah panas ruangan seperti lampu pijar.

Lampu LED merupakan lampu yang paling hemat energy diantarajenis lampu lainnya.

 

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS