5 Jenis Kayu yang Biasa digunakan Untuk Membuat Furnitur

5 Jenis Kayu yang Biasa digunakan Untuk Membuat Furnitur

SHARE

Salah satu hasil sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan sebagian masyarakat indonesia adalah kayu. Kita patut bersyukur karena indonesia diberikan sumber daya alam yang melimpah, dari darat laut sampai perhutanan.

Banyaknya jenis kayu yang tumbuh subur di seluruh kepulauan indonesia membuat kita mudah memproduksi kerajinan, membuat produk furniture atau mebel dengan bahan dasar kayu.

Kayu adalah salah satu bahan pokok yang sering digunakan untuk membuat produk kerajinan seperti furniture / Mebel.

Pada dasarnya semua jenis kayu bisa digunakan sebagai bahan baku untuk membuat furniture. Asalkan kayu tersebut memiliki tingkat kekerasan yang baik, karena kayu yang nantinya akan melalui proses seperti dipotong, diamplas, diukir, dll.

Dari banyaknya jenis kayu, terdapat 5 jenis kayu saja yang sering atau biasa dipakai oleh masyarakat sebagai bahan baku pembuatan furniture.

Apa saja 5 jenis kayu tersebut

 

1. Kayu Jati

Siapa yang tidak tahu kayu ini, kayu ini memang sudah terkenal akan kualitasnya yang tidak diragukan lagi, kayu jati sangat cocok untuk dijadikan bahan untuk furniture.

Keunggulan kayu jati tidak hanya di penampilannya saja. Kayu jati juga sangat awet dan kuat, dan juga tahan dari cuaca, rayap dan jamur. Selain itu kayu ini memiliki serat yang tebal sehingga cukup mudah dalam proses pengerjaan pembuatan mebel, baik pada saat pemotongan ataupun pengukiran.

Baca Juga : Keunggulan kayu solid

2. Kayu Mahoni

Jenis kayu yang banyak digunakan untuk membuat furniture selanjutnya adalah kayu mahoni

Kayu ini memiliki serat yang halus sehingga mudah untuk dilakukan proses pemotongan, selain itu harganya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan kayu jati. sehingga kayu ini menjadi pilihan yang cocok untuk dijadikan bahan untuk membuat furniture.

 

3. Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling bisa dibilang kayu yang kuat dan awet seperti kayu jati. Kayu ini memiliki keunikan karena warna gelap alami tanpa diberi zat pewarnaan.

 

4. Kayu Akasia

 

Kalau Dilihat secara sekilas kayu akasia ini memiliki serat dan warna yang mirip sekali dengan kayu jati, walaupun kayu ini memiliki bobot yang cukup berat, tetapi kayu akasia menjadi salah satu pilihan sebagian masyarakat sebagai bahan untuk membuat mebel furniture

 

5. Kayu Trembesi

 

Bicara stok kayu yang paling banyak digunakan untuk membuat furniture adalah kayu trembesi, karena kayu ini mudah ditemui dan ukuran kayu ini umumnya besar-besar.

 

Demikian info mengenai 5 Jenis Kayu yang biasa digunakan untuk membuat furniture, sebenarnya masih banyak pilihan kayu lagi yang bisa digunakan untuk membuat furniture, artikel ini hanya membahas 5 jenis kayu yang umumnya biasa digunakan oleh masyarakat untuk membuat furniture mebel.

Semoga info ini bermanfaat sahabat imania 🙂

Aksesoris
SHARE

NO COMMENTS