Sumber Informasi dan Tips mendesain Interior Rumah Anda

Macam Warna

Macam Warna – Keseimbangan Warna-warna bumi

( Sumber From >> ASRI )

maam warna 150x150 Macam Warna

Macam Warna

Macam Warna – Vegetasi, tanah, pasir, batu, kayu dan sebagainya merupakan elemen alam yang member warna dan bentuk pada bentang alam. Pengadopsian warna-warna bernuansa alam tersebut untuk diaplikasikan pada elemen interior dapat dilakukan.

Hijau, Coklat, Jingga, Maroon, Abu-Abu, dan Terakota

Macam Warna – Warna-warna tersebut seringkali disebut sebagai warna-warna bumi ( earth tone colour ) karena mengadopsi warna dari elemen-elemen alam tersebut. Secara keseluruhan warna-warna bernansa bumi tersebut mengekspresikan kesan “hangat” kecuali abu-abu yang lebih berkesan dingin dan menenangkan. Pilihan warna member pengaruh pada psikis dan suasana hati ( mood ).

Prinsip keseimbangan menjadi pedoman ketika memadukan beberapa warna pada satu area. Ada warna yang tampil lebih dominan dan member kesan yang menonjol sebagai warna utama. Warna-warna lainnya ada baiknya tidak tampil sama dominannya dengan warna utama, tetapi tampil sebagai aksen yang melengkapi warna utama.

Secara keseluruhan kombinasi warna yang seimbang tersebut menampilkan citra positif. Dominasi beberapa warna yang saling menonjol dalam aplikasi yang sama luasnya, cenderung justru akan menyebabkan mata lelah.

Warna jingga mengekspresikan karakter yang bersahabat dan ceria yang sering digunakan untuk menandakan interaksi social yang hangat dan dinamis. Namun, aplikasi warna jingga yang berlebihan bisa menimbulkan kelelahan karena mata dirangsang untuk melihat warna dinamis dalam jumlah berlebih terus-menerus sehingga menimbulkan hiperaktivitas.

Untuk itu, kehadiran satu bidang dinding berwarna jingga sudah mampu memberikan  “ tekanan “ yang menegaskan orientasi ruang secara keseluruhan. Dinding jingga menjadi terasa lebih kuat dan tegas setelah disandingkan dengan dinding putih dan lantai bernuansa warna cream. Furniture warna putih dan cream diberi aksen cushion dan puff dari kain tenun bernuansa warna jingga lembut.

Tema green jungle menjadi latar belakang sudut pamer yang disetting untuk outdoor sitting area tersebut. Warna hijau terang ceria disandingkan dengan dinding bertaman yang diisi dengan vegetasi bernuansa warna hijau gelap monokromatis, menjadi background terhadap setting ruang duduk yang didesain kasual tersebut. Furniture rotan sintetik bernuansa warna krem dilengkapi dengan soft furnishing berpola stripe dan kotak-kotak bernuansa warna earth tone color seperti krem, jingga, maroon dan kuning kecoklatan.

Warna biru benhur pada bantal menjadi aksentuasi yang mengadopsi birunya warna langit. Secara keseluruhan warna hijau bergradasi yang menjadi latar belakang sebagai warna utama, selanjutnya diimbangi dengan warna-warna alami lainnya yang tampil lebih minor.

Ekspresi warna asli bisa diperoleh melalui pemakaian material seperti kayu dan batu bata. Warna coklat kayu dengan guratan-guratan motif penampang serta gradasi warnanya selalu menampilkan keindahan alami. Demikian pula keindahan warna terakota dari batu bata, proses pembakaran alami menghasilkan warna coklat yang tidak seragam.

Itulah beberapa informasi mengenai macam warna.

 


SEO Powered By SEOPressor