Memilih Wallpaper

Memilih Wallpaper

SHARE
memilih wallpaper

Tips Memilih Wallpaper

Memilih wallpaper merupakan kegiatan yang menyenangkan, tapi menentukan warna dan motif yang cocok bukanlah pekerjaan sederhana. Salah pilih malah membuat ruang jadi tak nyaman. Motif dan warna wallpaper yang tampak cantik di toko belum tentu cocok dengan  ruang di rumah. Sebab, cocok atau tidaknya motif dan warna itu ditentukan oleh padu padan yang serasi.

Menentukan wallpaper yang sesuai juga tidak boleh asal mengikuti selera pribadi. Kita harus memperhatikan tema ruang kita, yang penting, wallpaper tersebut “matching” dengan elemen desain interior lainnya. Berikut adalah tips untuk menentukan wallpaper.

Pilih Warna

Langkah pertama adalah menentukan apa saja kebutuhan ruang yang akan dipasangi wallpaper. Diruang tidur, tentu kita membutuhkan suasana yang tenang untuk beristirahat. Jadi, pilihan warna dingin, seperti gradasi biru atau hijau, lebih tepat untuk mendukung suasananya tersebut. Bila ingin ada warna hangat, gunakan sebagai aksen saja.

wallpaperPilih Motif

Permainan motif di sebuah ruang bisa membuat ruang tersebut tampil lebih menarik. Memilih motif terkait dengan tema ruang, namun, secara umum terbagi menurut ukurannya, yakni motif besar dan kecil. Untuk ruang tidur misalnya, hindari pengunaan motif berpola besar dengan bentuk dan kecil. Untuk ruang tidur / kamar tidur misalnya, hindari penggunaan motif berpola besar dengan bentuk dan warna-warna kontras. Pilih motif kecil-kecil dengan warna lembut dan menenangkan.

Jenis wallpaper

Bukan hanya warna dan motif dan motif wallpaper saja yang perlu diperhatikan dalam memilih wallpaper. Jenis wallpaper juga penting untuk diketahui. Pada ruang tertentu yang “traffic”-nya tinggi, sebaiknya hindari pemakaian wallpaper yang sulit dirawat. Misalnya, wallpaper natural kurang cocok diletakkan di koridor yang sering dilewati orang.

Sebab, wallpaper natural biasanya berupa anyaman dan bertekstur sehingga benda-benda akan mudah tersangkut pada permukaan wallpaper jenis ini.

Ruang Existing

Kondisi ruang juga menentukan wallpaper yang cocok. Pada ruang sempit, sebaiknya tidak memilih motif besar karena motif tersebut dapat “terpotong”. Terbatasnya area dinding tidak akan menampilkan motif besar dengan sempurna, apalagi bila tertutup benda lain, seperti furniture.

Ruang yang sudah penuh dengan barang-barang juga tidak perlu dibuat lebih penuh dengan warna gelap dan motif yang “ramai”. Terapkan wallpaper bermotif pada salah satu dinding saja sudah cukup menciptakan suasana yang berbeda.

Tema ruang

Ada baiknya anda sudah menentukan tema dan suasana ruang yang diinginkan. Bila nuansa oriental yang anda inginkan, maka anda tinggal membuka contoh-contoh yang berhubungan dengan nuansa tersebut. Sebab, melihat semua wallpaper yang ada bisa membuat anda tidak focus. Manfaatkan buku-buku yang berisi contoh wallpaper untuk menentukan paduan warna dan motif yang cocok.

Itulah beberapa tips dalam menentukan wallpaper. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai wallpaper motif klasik, stiker dinding, dan tips merawat wallpaper. Selamat membaca, Happy design 🙂

 

Aksesoris

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY