Tips Mengatasi Kelembaban Pada Rumah

Tips Mengatasi Kelembaban Pada Rumah

SHARE
Tips Mengatasi Kelembaban Pada Rumah

Solusi Mengatasi Kelembaban Pada Rumah

Tips Mengatasi Kelembaban Pada Rumah – Salah satu masalah pada rumah yang dikeluhkan oleh banyak orang adalah mengenai tingkat kelembapan pada rumah. Maksud dari lembab di dalam rumah ini adalah bukan semua ruangan di dalam rumah menjadi lembab, tetapi memfokuskan pada beberapa ruangan yang mempunyai tingkat kelembapan cukup tinggi di dalam rumah. Bicara mengenai kelembapan, mari kita bagi area rumah dengan tingkat kelembapannya.

Kelembapan pada bagian atap ( plafon ). Atap rumah atau plafon kelembapannya terjadi melalui proses bocornya genteng rumah ketika hujan, air masuk melalui kuda-kuda dan sampai merembes ke plafon. Tak hanya dari kuda-kuda, bisa juga dari talang penampung yang bocor. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memeriksa plafon rumah, bila ada yang berlubang, harus segera diperbaiki.

Kelembapan Di bagian tengah ( dinding ). Salah satu bagian yang sering terjadi dan cukup riskan terkena kelembapan adalah dinding rumah, kelembapan yang terjadi pada dinding sifatnya merata sehingga cukup sulit untuk diperbaiki. Bisa jadi kelembapan pada dinding pengaruh factor kualitas material plesteran bangunan yang tidak bagus, baik pada dinding bagian luar maupun bagian dalam.

Tips Mengatasi Kelembapan Pada RumahKelembapan di bagian bawah ( lantai ), area yang paling sering terjadi kelembapan adalah pada bagian lantai, hanya saja perbedaan kelembapan pada lantai dengan bagian yang lain adalah pada lantai lebih kea rah struktur bangunan seperti pondasi dan sloof. Salah satu yang menjadi penyebabnya adalah campuran bahan material yang kualitasnya tidak baik. Apalagi kalau tidak dilapisi oleh bahan kedap air, kontak langsung dengan permukaan tanah akan semakin mempermudah rembesan masuk kedalam struktur tersebut.

Setelah mengetahui tingkatan area kelembapan, lantas bagaimana dengan solusinya dalam mengatasi rumah dari kelembapan?? Untuk mengatasi kelembapan didalam rumah, ada beberapa cara, berikut informasinya 🙂

Tips Mengatasi Kelembaban Pada Rumah

Pertama adalah saat membangun rumah, pilihlah bahan material yang memang benar-benar berkualitas, minimalkan bahan material dari kayu, karena jamur lebih leluasa tumbuh di bahan kayu, kalaupun menggunakan material kayu, lapisi dulu dengan bahan anti jamur dan rayap.

Kedua adalah untuk mengurangi tingkat kelembapan adalah dengan cara memasukkan cahaya matahari ke tempat-tempat lembab tersebut, dan juga sirkulasi udara yang baik pada tempat tersebut. Karena udara yang mengendap di dalam ruangan akan cepat menimbulkan kelembapan di dalam ruangan.

Cara ketiga adalah dengan memperhatikan plumbing atau pemipaan dari sumber air menuju kran. Yang perlu diperhatikan adalah pada sambungan pipanya apakah ada kebocoran atau tidak. Seperti itu.

Demikianlah informasi singkat mengenai Tips Mengatasi Kelembapan Pada Rumah. Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Interior Rumah Minimalis Modern lebih fresh dengan Warna Pop, Tips Permainan Dekorasi Rumah dengan Warna Pastel, dan Padu Padan Warna Tempat Lesehan. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris

NO COMMENTS