Padu Padan Warna Tempat Lesehan

Padu Padan Warna Tempat Lesehan

SHARE
Ilustrasi tempat lesehan

Memaksimalkan Warna Tempat Lesehan

Selera Pribadi seseorang seringkali mempengaruhi proses pemilihan warna suatu ruangan. Tak terkecuali saat kita memilih sapuan warna untuk tempat lesehan di dalam rumah. Kesan besar kecilnya tempat lesehan,  nuansa hangat atau dingin, hingga tampilan formal dan rileks, dapat dihadirkan melalui pilihan warna yang sesuai.

Hal ini disebabkan karena setiap warna memiliki karakter yang berbeda. Paduan warna untuk tempat lesehan ada baiknya harus mampu menciptakan suasanan hangat dan akrab, sekaligus mendatangkan ketenangan, rasa relaks dan nyaman.

Kita mengenal pilihan enam warna pelangi yang umum yaitu warna merah, orange, kuning, hijau, biru, dan ungu. Warna merah dianggap sebagai pilihan warna yang berani, bergairah, hangat, dan penuh semangat.

Warna orange, selain mereflesikan kehangatan dan kegairahan dari campuran warna merah dan kuning, juga dianggap sebagai pilihan warna yang ceria, aktif, dan penuh percaya diri. Begitu juga dengan warna kuning, juga termasuk warna yang cerah, aktif, dan menghadirkan kegembiraan suasana.

Untuk pilihan warna-warna yang dingin, ada warna hijau yang menciptakan kesegaran, rasa sehat, nuansa alami, dan membawa ketenangan. Demikian pula warna biru yang diasosiasikan dengan keindahan alam, menghadirkan rasa damai, bersih, dan membuat rileks. Sedangkan pilihan warna ungu biasanya lebih untuk memberi aksen pada elemen-elemen interior atau aksesoris ruangan. Karakter warna ungu cenderung berkesan mewah dan memberi inspirasi bagi yang memandangnya.

Dengan memahami karakter-karakter warna ini, kita tentu akan lebih mudah saat memilih warna untuk tempat lesehan di dalam rumah. Dalam teori warna, kita dapat menerapkan skema warna monokromatis,warna harmonis, dan bahkan warna kontras. Masing-masing skema warna ini akan menghasilkan sentuhan tempat lesehan yang berbeda.

Ilustrasi tempat lesehanSentuhan Warna Monokromatis

Bila anda ingin tempat lesehan berkesan hangat, elegan dan menenangkan, anda bisa memilih dengan menggunakan sentuhan warna monokromatis. Kombinasi pada pemilihan warna ini adalah kombinasi warna yang berasal dari satu warna, tetapi memiliki value atau intensitas yang berbeda-beda, sehingga terlihat seperti ada gradasi warna. Saat diterapkan pada tempat lesehan, intensitas warna sebaiknya tidak terlalu kuat, agar kesan tenang ruangan tersebut lebih menonjol. Dari segi nilai, anda bisa mengatur komposisi terang dan gelapnya ruang.

Jika area disekitar tempat lesehan merupakan area besar yang memiliki nilai warna terang, maka harus diimbangi dengan area kecil yang cenderung gelap. Pencahayaan tempat lesehan di dalam rumah juga harus efisien dan porsinya sesuai. Dengan satu warna dasar, tempat lesehan dapat tampil menarik lewat permainan gradasi.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Penerapan Warna Kuning Pada Interior Rumah, Interior Rumah Minimalis Modern lebih fresh dengan Warna Pop, dan Tips Permainan Dekorasi Rumah dengan Warna Pastel. Selamat membaca, Happy design 🙂

Source : Serial Rumah, Desain & Gaya Lesehan

Aksesoris

NO COMMENTS