Pelengkap Sofa

Pelengkap Sofa

SHARE
pelengkap sofa

Mengenal Jenis Pelengkap Sofa

kira-kira apa saja pelengkap sofa? Anda pasti sering melihat sofa tampil dengan tambahan unsur pemanis yaitu throw dan cushion. Dua jenis soft furnishing ini memang berperan besar dalam mempercantik dan menghadirkan kenyamanan saat kita mengunakan sofa. Melengkapi sofa dengan throw dan cushion juga merupakan langkah untuk mengubah penampilan sofa lebih instan!

Throw adalah kain yang dihamparkan di atas sofa dan berfungsi sebagai penutup kedua. Karena itu, throw bisa juga disebut hamparan. Pengaplikasian throw bisa diatur sedemikian rupa sehingga tampak rapi, atau sebaliknya bisa juga dihamparkan begitu saja sehingga terkesan alami. Tidak ada patokan mengenai ukuran throw.

Begitu juga tidak ada aturan di mana Anda sebaiknya menaruh throw menutupi seluruh bagian dudukan dan sandaran, menutupi dudukan sofa saja, terlipat rapi di ujung sofa, dan lain-lain. Selain mempercantik, throw juga menjadi solusi praktis untuk menutup bagian sofa Anda yang terkena noda atau rusak. Apalagi jika kerusakan itu tidak seberapa, daripada harus mengganti keseluruhan upholstery, memanfaatkan throw sudah pasti lebih ekonomis.

pelengkap sofaJangan bingung memilih jenis kain untuk throw. Seperti halnya pemilihan kain untuk upholstery sofa, kain throw sebaiknya juga memberi rasa nyaman di kulit, tidak menimbulkan gatal dan panas. Dari segi warna dan corak kain, perhatikan kesesuaiannya dengan upholstery sofa. Agar tidak bosan, coba sediakan throw dengan warna senada dan warna kontras. Memiliki beberapa macam throw memberi keuntungan karena Anda bisa menghadirkan nuansa yang berbeda-beda dan bervariasi.

Satu lagi pelengkap kursi sofa yang sebaiknya tidak dilupakan, yaitu cushion atau bantal hias. Sebenarnya fungsi bantal-bantal cantik tersebut tidak cuma menjadi penghias, tapi juga menjadi elemen desain interior yang memberikan rasa nyaman saat kita bersantai di atas sofa. Cushion bisa menjadi penyangga punggung tambahan, bisa dipeluk, bisa menjadi alas kepala saat ingin rebahan di atas sofa, dan bisa untuk aktivitas menyenangkan lainnya.

Cushion mempunyai variasi bentuk yang sangat beragam, mulai dari bujur sangkar, persegi panjang, lingkaran, seperti guling kecil—yang disebut bolster cushion—sampai bentuk bintang. Masing-masing bentuk memberi nuansa yang berbeda ke dalam desain interior ruang secara keseluruhan.

Pilihan bahan untuk sarung cushion juga beragam, bisa katun, tenun, linen, thai silk, beludru, lace, mori, anyaman pandan, eceng gondok, dan lain-lain. Yang perlu Anda perhatikan adalah faktor aktivitas dan siapa pengguna sofa tersebut.

Jika sofa bukan sekadar tempat untuk duduk, tetapi juga menjadi area menikmati hidangan misalnya, maka pilihlah penutup cushion dari kain yang berwarna gelap dan mudah dibersihkan. Kain berenda atau lace misalnya, tidak cocok untuk kondisi ini karena selain lace umumnya berwarna terang juga sangat sulit dibersihkan dari noda yang menempel tanpa merusak kain itu.

Beberapa tips memilih pelengkap sofa

  1. Kesan bulky sofa yang berukuran besar dan berwarna gelap bisa dikurangi dengan meletakkan throw berwarna cerah sebagai unsur penyeimbang dan pengalih perhatian.
  2. Untuk sofa yang sama, cushion yang berbeda memberikan kesan yang berbeda pula. Cushion kecil dengan pola bunga-bunga berwarna cerah memberi kesan yang lebih fun dan kasual dibandingkan sofa dengan cushion beludru berpola kotak-kotak besar.
  3. Jangan ragu menggabungkan beberapa bentuk cushion dalam satu sofa. Agar terlihat serasi, samakan warna atau pola sarung cush/on-nya.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai memilih sofa, kamar tidur biru, dan cutting sticker. Selamat membaca, Happy design 🙂

 

Aksesoris

1 COMMENT

  1. Saya setuju dengan artikel diatas, bahwa cussion/busa menjdi bagian yang sangat penting pada sofa. Karena cussion/busa selain mempercantik ssofa juga dapat menambah kenyamanan bagi penggunanya.

    Kami Rotan Kita – Furniture Rotan & Art, menyediakan berbagai jenis furniture dari bahan rotan dan enceng gondok, seperti : kursi tamu, kursi teras, kursi makan, kursi santai, dan handicraft.
    Untuk melihat-lihat lebih lengkap tentang produk kami, silahkan kunjungi website kami : RotanKita.com

    Terimakasih.. 🙂

LEAVE A REPLY