Penataan Interior Dapur

Penataan Interior Dapur

SHARE
penataan interior dapur
penataan interior dapur

Tips dalam penataan interior dapur

Bila mampir kerumah seseorang katakanlah teman kita, dan saat melihat dapurnya yang tertata rapi, barang-barang atau perabot dapurnya disusun sangat rapi, pasti kita akan langsung bertanya bagaimana caranya membuat dapur tersebut terlihat rapi, nyaman, dan sejuk? Kita juga pasti meminta apakah ada tips-tips dalam penataan interior dapur.

Dapur mempunyai daya tarik tersendiri, suatu ruangan yang harus ada pada saat kita membangun rumah, ruangan dapur bisa menjadi “canvas” ke kreatifitasan kita, dengan menyediakan waktu sebentar saja untuk memikirkan desain-desain dapur yang anda inginkan, serta beberapa perencanaan dan budget dalam melakukan pembuatan interior dapur dalam hal ini adalah kitchen set atau pantry.

Setelah dapur tersebut jadi sesuai dengan desain yang anda inginkan, mulailah memikirkan penataan perabot-perabot dapur yang biasa digunakan. Sekedar tips, pilah-pilahlah perabot tersebut, mana yang masih anda gunakan, mana yang sudah using. Hal ini dilakukan karena sering kali, kita menumpuk barang-barang di dapur, sehingga dapur menjadi penuh dan terlihat sumpek. Asik dalam membeli perabotan dapur baru namun lupa, untuk mengeluarkan perabot yang lama dan tak terpakai lagi.

Buatlah kitchen set atau pantry dengan cabinet-kabinet yang pas untuk menyusun dan menyimpan perabot dapur tersebut yang sesuai dengan fungsinya. Contohnya begini, cabinet untuk sendok makan dan sejenisnya ya untuk alat-alat makan tersebut. Panci-panci ya untuk panci-panci, ada juga cabinet untuk rak piring dan seterusnya.

penataan interior dapurJika hal tersebut dilakukan, tujuannya satu yaitu agar mempermudah anda dalam mengakses alat-alat dapur di saat anda membutuhkannya. Selain itu, dapur juga lebih tertata dan rapi, tidak ada alat-alat masak yang menumpuk di atas top table. Agar dapur terlihat lebih segar, anda bisa menaruh tanaman hias hijau di dalam pot pada dapur, dengan begitu dapur terlihat lebih fresh.

Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan sirkulasi atau jalur udara di dapur, lebih baik pada ruangan dapur terdapat jendela atau pintu yang menghubungkan dengan taman rumah belakang, sehingga di saat anda sedang memasak atau selesai memasak, anda bisa membuka jendelanya untuk mengeluarkan asap-asap saat memasak dan diganti dengan udara yang lebih fresh.

Bagaimana bila terlanjur tak ada jendela?? Jika situasinya seperti itu, anda bisa mensiasatinya dengan menggunakan cooker hood. Ada dua jenis cooker hood, yang pertama cooker hood yang hanya menghisap debu atau asap saja, dan yang kedua adalah cooker hood yang menghisap dan mengganti dengan udara yang lebih bersih.

Nah, sahabat imania, itulah informasi mengenai bagaimana dalam menata dapur. Semoga bermanfaat untuk anda semua dalam melakukan penataan interior dapur.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai interior dinding dapur, interior rumah ala korea, dan interior rumah gadang. Selamat membaca, Happy design 🙂

Aksesoris

NO COMMENTS