Sumber Informasi dan Tips mendesain Interior Rumah Anda

Pencahayaan Pada Kamar Mandi

Pencahayaan Pada Kamar Mandi – “Eksotisme” Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi4 300x256 Pencahayaan Pada Kamar Mandi

Desain Kamar Mandi

Pencahayaan pada kamar mandi disini adalah kamar mandi yang terdiri dari 3 ruang, yaitu ruangan wastafel, kloset, dan ruang untuk mandi. Untuk wastafel, ada beberapa pertimbangan yang digunakan pada penataan lampu di meja wastafel, yaitu efisiensi, artinya adalah lampu yang dihadirkan adalah untuk menerangi hal-hal yang perlu diruang ini. Kenapa diperlukan pencahayaan yang baik pada wastafel?? Alasannya karena, wastafel adalah tempat untuk membersihkan diri, mencuci tangan, mencuci muka, dan bercermin, maka tempat ini butuh penerangan yang baik.

Untuk lampu, anda bisa memilih lampu gantung untuk memenuhi ketiga aktifitas tersebut. Karena, cahaya yang datang dari lampu gantung ini langsung mengarah pada meja dan bak cuci, sekaligus menerangi cermin dari dua sisi tanpa menimbulkan silau.

Pertimbangan kedua lebih mengarah kepada keindahan. Kehadiran lampu harus mendukung suasana yang ingin ditimbulkan pada ruang. Kalau anda menggunakan unsure tradisional pada kamar mandi, maka kesan “ seram dan kusam” tidak boleh ada. Model lampu yang bergaya modern menghilangkan kesan ini.

Selain itu, penerangan pada daerah lantai adalah satu hal yang harus dicukupi pada ruang ini ( kamar mandi, wastafel atau kloset ). Hal ini berguna untuk mencegah orang tersandung atau terpeleset karena perbedaan tinggi lantai atau karena ada genangan air. Peredaran cahaya lampu indirect yang ada di bawah meja secara fungsional menerangi daerah lantai, dan secara estetis membuat tampilan meja seakan “ melayang” dan “ringan”. Dan untuk keseimbangan cahaya dalam ruang, ditambahkan satu lampu halogen di plafon.

Pencahayaan Pada Kamar Mandi – Cahaya yang menghangatkan yang Dingin

Pencahayaan Pada Kamar Mandi – Kadang, gaya modern yang diterapkan dalam desain dan penataan desain interior kadang menimbulkan kesan dingin dan “flat”. Kedua kesan ini bisa dihilangkan dengan penataan cahaya yang tepat. Tahukah anda, bahwa penyinaran tak langsung yang hanya mengandalkan biasan cahaya yang menerangi suatu objek, menjadikan suasana ruang menjadi hangat dan berdimensi. Baik lampu neon ataupun halogen bisa dipakai, dan menghadirkan cahaya kuning yang menghangatkan.

Lampu halogen jenis downlight bisa digunakan untuk menyorot elemen-elemen logam dan kaca. Sinar lampu dari lampu halogen mampu menampilkan elemen-elemen ini lebih “cling”, hal ini adalah salah satu ciri gaya modern. Dan agar cahaya tersebut terlihat seimbang di ruang ini, satu buah lampu downlight diletakkan di plafon sebagai penerangan utama.

Itulah beberapa informasi dan tips seputar menata pencahayaan pada kamar mandi.

 


SEO Powered By SEOPressor