Sumber Informasi dan Tips mendesain Interior Rumah Anda

Prinsip Kerja AC

Prinsip Kerja AC – Yukk Mengenal sisi positif dan negative AC

Prinsip Kerja AC 150x150 Prinsip Kerja AC

Prinsip Kerja AC ( Sumber >> Wikipedia )

Prinsip Kerja AC – AC ( air conditioner ) atau alat pengkondisian udara saat ini bukan merupakan barang baru lagi. Semakin padatnya penduduk dan semakin buruknya kualitas lingkungan tempat tinggal menjadi penyebab menjamurnya pemakaian AC.  Namun, apa sih plus minus dari AC tersebut?? Berikut informasinya :

Sisi Positif AC

  1. AC mampu mengatur udara di dalam ruang pada suhu dan kelembaban tertentu. Karena itu, kualitas udara yang dikeluarkan AC cenderung stabil.
  2. Selain kelembaban, AC dilengkapi filter yang bisa menyaring udara. Dengan demikian, udara yang dikeluarkan lebih bersih, bebas debu, dan partikel-partikel mengganggu lainnya.
  3. Saat ini, tersedia juga AC yang menawarkan fitur anti jamur dan anti bakteri
  4. Jika AC terawatt, kualitas udara tetap terjaga. Setelah itu, secara global pun kebocoran akan terhindar sehingga perusakan lingkungan akan berkurang

Sisi Negatif AC

  1. Masalah utama pada AC adalah konsumsi energy.Karena, AC bekerja dalam beberapa tahap, pertama mulai dari menghisap udara, mendinginkannya, lalu mengalirkan lagi ke dalam ruangan. Dan semua proses tersebut membutuhkan energy listrik yang besar.
  2. Beban listrik ini akan semakin besar bila penggunaan AC tidak sesuai. Jika ruangan yang menggunakan AC tidak benar-benar tertutup, untuk mencapai suhu dingin tertentu dibutuhkan tenaga yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan sebelum suhu tersebut tercapai, maka AC akan terus-menerus bekerja.
  3. Semua mesin pendingin, termasuk AC, menggunakan bahan yang disebut juga refrigerant ( biasanya kita mengenal dengan nama Freon ). Menurut penelitian, Freon ini mempunyai peranan dalam merusak lapisan ozon.
  4. Bagi semua orang, AC dapat menyebabkan Sick Building Syndrome, artinya kondisi bangunan membawa pengaruh-pengaruh buruk kepada penghuninya. Dalam hal ini, kondisi udara yang dihasilkan AC bagi kulit yang sangat sensitive bisa menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah. Kenapa?? Karena AC bukan saja menurunkan suhu, tetapi mengurangi kelembaban udara.

Walaupun begitu, seiring berkembangnya teknologi, kerugian-kerugian yang timbul karena AC sedikit demi sedikit terus diperbaiki. Memilih untuk menggunakan atau tidak menggunakan AC, semua itu kembali lagi pada anda. Karena, untuk membuat keputusan tersebut, adalah keputusan pribadi masing-masing.

Prinsip Kerja AC – Tips Merawat AC

Prinsip kerja AC – Ada baiknya,Bersihkan filter AC setiap satu atau dua bulan sekali. Anda pun bisa melakukannya sendiri. jika AC digunakan secara rutin, mungkin anda perlu lebih sering membersihkannya jika AC digunakan secara rutin, tergantung juga pada kondisi debu di daerah tempat tinggal anda. Anda juga perlu lebih rajin membersihkan jika terdapat hewan peliharaan berbulu dirumah anda. Bagaimana cara membersihkan AC?? Berikut informasinya :

  1. Buka tutup bagian depa AC. Beberapa merek AC menyediakan lekukan di kedua sisinya, sehingga memudahkan anda untuk membuka bagian depan AC.
  2. Keluarkan filter AC. Dimana letaknya?? Filter AC terletak dibagian paling luar setelah anda membuka tutup AC. Cirinya adalah filter ini berbentuk lembaran kasa, biasanya terdiri dari dua lembar yang terletak disebelah kiri dan kanan.
  3. Bersihkan filter dengan menyiramnya dengan air bersih. Atau bila filter terlalu banyak debu yang menempel, anda bisa menggunakan spons halus untuk menggosoknya. Keringkan dengan menjemurnya sebelum anda memasangnya kembali.
  4. Bersihkan kisi-kisi dibagian luar AC menggunakan lap basah. Karena kisi-kisi ini dilewati oleh udara yang dihembuskan AC, jika dipenuhi debu, debu tersebut akan ikut tersebar ke seluruh ruangan setelah membersihkannya, keringkan menggunakan lap kering yang bersih. Agar tampilan AC tetap seperti baru, bersihkan pula bagian luar AC anda secara rutin.

Oke,, Itulah beberapa informasi dan tips seputar prinsip kerja AC.


SEO Powered By SEOPressor