Sumber Informasi dan Tips mendesain Interior Rumah Anda

Teknik Pencahayaan

Teknik Pencahayaan – Tips Mengarahkan Cahaya??

P1020426 baru1 150x150 Teknik Pencahayaan

Teknik Pencahayaan

Teknik Pencahayaan – Tahukah anda?? Kalau lampu adalah sebagai sumber cahaya artificial dapat diatur arah cahayanya dengan tata letak tertentu. Inilah kelebihan lampu dibanding matahari. Cahaya matahari tidak dapat kita pindahkan atau diatur kekuatannya. Selain itu, intensitas dan sudut cahaya matahari selalu berubah-ubah setiap saat.

Sedangkan arah pencahayaan secara garis besar dapat dibagi menjadi 5 kategori yaitu downlight, uplight, backlight, sidelight, dan frontlight. Bisa dijelaskan pengertian dari itu semua?? Tentu, tapi nanti ya. Seringkali pada suatu kondisi ruangan, cahaya yang muncul tidak hanya berasal dari satu sumber saja, melainkan bisa merupakan kombinasi di antara kelima arah penyinaran tersebut.

Factor lain yang cukup penting dalam mengarahkan cahaya adalah pemakaian rumah lampu. Adanya rumah rumah lampu/armature membantu mengarahkan dan merefleksikan cahaya sesuai keinginan kita.

Oke, sekarang kita bahas apa itu downlight,uplight,backlight,sidelight, dan frontlight.

Teknik Pencahayaan – 5 kategori pencahayaan :

Pencahayaan ke bawah ( downlight )

DSC 0906 baru2 150x150 Teknik Pencahayaan

Downlight

Teknik Pencahayaan – Apa itu downlight?? Jenis pencahayaan ini banyak aplikasinya. Arah pencahayaan datang dari atas dan menyinari objek di bawahnya. Hampir setiap ruangan di rumah memerlukan pencahayaan downlight yang berfungsi sebagai pencahayaan secara merata. Cahaya berasal dari lampu yang ditanam pada langit-langit dengan rumah lampu yang menjorok keluar, masuk ke dalam, menempel pada tembok, atau berupa lampu gantung.

Lantas, jenis lampu yang seperti apa yang termasuk lampu downlight?? Untuk jenis lampunya, yang termasuk jenis lampu downlight ada beberapa variasinya, lampu tersebut dapat berupa lampu pijar, neon, dan compact fluorescent dengan sudut distribusi cahaya yang besar.

Melalui pengaturan sudut jatuh cahaya, lampu dengan arah downlight dapat menumbuhkan suasana yang berbeda apabila difungsikan sebagai pencahayaan setempat dan dekoratif. Salah satu contoh yang banyak dipakai adalah wall washer, yakni mengarahkan cahaya ke dinding sehingga tekstur dan warna dinding muncul dan lebih berdimensi.

Pencahayaan ke atas ( uplight )

uplight 150x150 Teknik Pencahayaan

Uplight

Apa itu uplight?? Uplight adalah arah cahaya yang datang dari bawah ke atas, dimana posisi lampu dihadapkan keatas. Efek cahaya yang ditimbulkan yaitu kesan megah, dan memunculkan dimensi. Jenis pencahayaan ini lebih cenderung ke pencahayaan dekoratif. Beberapa contoh objek yang umumnya disinari dengan pencahayaan uplight adalah kolam rumah, karena luas permukaan yang disinari relative terbatas maka lebih cocok memakai lampu halogen dengan sudut penyinaran yang lebih sempit.

 

Pencahayaan dari belakang ( backlight )

credenza senayan1 150x150 Teknik Pencahayaan

backlight

Backlight artinya cahaya yang berasal dari belakang objek. Hal ini dilakukan untuk member aksentuasi pada objek, misalnya untuk memunculkan siluet. Sedangkan pada objek tertentu, pencahayaan backlight ini memberikan cahaya pinggir yang mempesona, membentuk objek jadi lebih jelas terlihat.

Pencahayaan samping ( Sidelight )

Sidelight ini sama dengan backlight, sidelight adalah dimaksudkan untuk memberikan penekanan pada elemen-elemen interior tertentu yang menjadi aksen. Dan kebanyakan arah cahaya ini dipakai pada artwork, atau benda-benda seni lainnya.

Pencahayaan dari depan ( frontlight )

Cahayanya datang dari depan objek, dan cahaya tersebut sebaiknya merata. Cahaya yang tersebar rata membuat foto/lukisan tersebut terlihat apa adanya. Kecuali jika kita menginginkan bagian tertentu terlihat lebih terang atau lebih gelap.

itulah beberapa tips dalam teknik pencahayaan.

 


SEO Powered By SEOPressor