Tips Membuat Dinding Lebih Cantik Dengan Teknik Sponging

Tips Membuat Dinding Lebih Cantik Dengan Teknik Sponging

SHARE
cat sponging

Mengenal Teknik Sponging Untuk Dinding Rumah

Tips Membuat Dinding Lebih Cantik Dengan Teknik Sponging – Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat tampilan sebuah dinding rumah terlihat lebih indah dan cantik. Seperti dengan pemasangan wallpaper, pemasangan stiker dinding dan lain sebagainya, seperti cara yang satu ini yaitu dengan teknik cat sponging. Teknik seperti apakah itu?? Teknik Cat Sponging adalah suatu teknik dalam mengolah cat agar menghasilkan efek yang berbeda. Dalam prosesnya teknik ini menyapukan cat dengan menggunakan spons.

Umumnya teknik seperti ini dilakukan pada plafon dan dinding rumah. Bagaimana cara menerapkannya?? Untuk melakukan teknik sponging ini cukup mudah, dan bahan-bahan material yang dibutuhkan atau yang digunakan pun cukup simple bisa anda dapatkan di toko material diluaran sana. Bila anda ingin mencoba menerapkan teknik ini untuk memperindah tampilan dinding rumah, berikut kami berikan tipsnya 🙂

teknik cat spongingBahan yang dibutuhkan :

  1. Cat ( Cat dasar & cat dekorasi )
  2. Spons ( spons dari bahan sintetis atau spons dari bahan rumput laut )

Cara pengerjaannya :

  • Sebelum mengerjakannya, siapkanlah bahan-bahan yang dibutuhkan seperti yang diatas, bahan cat dan spons. Untuk bahan cat, sediakanlah dua jenis cat, cat pertama adalah car dasar dan cat kedua adalah cat dekorasi. Khusus untuk cat dekorasi umumnya berwarna lebih terang dari warna cat dasar. Selain cat, sediakan juga spons, spons ada dua jenis yaitu yang berbahan sintetis dan juga berbahan dari rumput laut, anda bisa pilih salah satunya.
  • Tahap selanjutnya, bersihkan dulu dinding dari debu dan segala kotoran yang menempel dengan lap kering atau kemoceng. Setelah dinding dibersihkan, mulailah dengan mengecat dinding dengan menggunakan car dasar, cat hingga menyeluruh dinding, setelah itu tunggulah hingga cat mongering.
  • Setelah cat dasar benar-benar mengering, ambil spons lalu basahi dan tiriskan, terus celupkan spons tadi ke dalam cat dekorasi. Keringkan kelebihan cat dengan Koran atau pinggir ember agar cat tidak menetes dan saat ditempelkan ke dinding hasilnya dapat sempurna. Ada baiknya, sebelum anda menempelkan spons dengan cat dekorasi ke dinding, anda bisa coba terlebih dulu tempelkan spons ke Koran atau kertas, sehingga dengan begitu anda bisa menentukan pola yang diinginkan.
  • Gunakan glaze dan anda bisa mulai menekan spons dari sisi atas dinding dengan pola yang menumpuk. Anda bisa menentukan bentuk atau pola sendiri yang sesuai dengan keinginan anda. Namun yang harus diperhatikan, bila spons sudah penuh dengan cat, anda bisa mencucinya kemudian menggunakannya kembali.
  • Bila anda pola dalam teknik cat sponging ini tidak sesuai dengan keinginan anda, anda bisa melakukan kembali mulai dari langkah pertama. Timpa kembali dengan cat dasar dan ulangi langkah selanjutnya.

Ada baiknya sebelum memulai melakukan teknik cat sponging ini, anda sudah tahu pola seperti apa yang akan anda bentuk. Sebagai permulaan, cobalah bentuk atau pola yang sederhana lebih dulu, atau bila ingin hasilnya lebih maksimal, anda bisa menyewa orang yang lebih ahli dalam melakukan teknik cat sponging ini.

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai Tips Mengatur Kebutuhan Wallpaper Rumah, Ada Rembesan Air di Sink? Ini Tips Memperbaikinya, dan Cara Simpel Membersihkan Headboard. Selamat membaca, Happy design

Aksesoris

NO COMMENTS