Tirai

Tirai

BERBAGI
horizontal blinds

Fungsi dari Tirai Dalam Desain Interior

Setelah mengetahui fungsi-fungsi lain dari tirai jendela, tentunya kita juga ingin tahu dong jenis-jenis dari tirai/gorden tersebut :) agar nanti bisa bebas memilih. Oke, selama ini kita mengenal bermacam-macam gorden, mulai dari yang sederhana yang berbahan kain penutup jendela, hingga yang berhiaskan draperi-draperi cantik. Tahukah anda setiap gorden jendela memiliki karakter yang berbeda?? Ya, setiap gorden mempunyai karakter yang beda-beda yang dapat mempengaruhi tatanan desain interior ruang.

Oleh karena itu, sebelum anda memilih gorden jendela, ada baiknya kita mengetahui jenis dan perbedaan bentuk serta penampilannya. So, apa saja sih jenis-jenis gorden itu?? Berikut informasinya :

Warna Tirai model tiraiJenis Curtain

Seperti apa gorden dengan jenis curtain? Pastinya anda semua sudah mengetahuinya. Biasanya sering kita temui pada rumah-rumah. Gorden curtain merupakan jenis gorden jendela yang paling umum digunakan untuk desain interior rumah tinggal, karena pembuatannya sangat sederhana . Selain itu, tampilannya bisa menghangatkan suasana dalam rumah. Dan letaknya gorden ini digantung di rel atau track dengan ring atau yang biasa disebut hook.

Cara pemasanganya pun cukup mudah, selain itu curtain dapat dibuka dengan cara digeser ke kiri atau ke kanan dengan tangan. Sekarang ada pula curtain yang dilengkapi dengan tali sehingga lebih mudah untuk kita geser. Bagaimana dengan bentuknya?? Bentuknya pun sangat beragam, misalnya denga ditambahi kanopi, draperi, dan pengikat gorden.

Double Rod Pocket Curtain

Seperti apa double rod pocket curtain itu?? hampir sama dengan curtain diatas, namun, bedanya curtain ini merupakan jenis curtain dengan dua track. Dimana saja letaknya?? Satu pada bagian atas, dan satu lagi di bagian bawah jendela. Agar tidak gampang tertiup oleh angin, curtain ini diberi 2 batang penahan, adanya 2 batang penahan tersebut juga membuat curtain double rod pocket ini lebih rapih.

Curtain jenis ini berkesan sederhana dan tidak menonjol dalam ruang, terutama jika dibuat dari bahan polos. Rod pocket cocok untuk hampir semua gaya desain interior.

Tab Curtain

Apa itu Tab Curtain?? Yaitu curtain yang seperti rod pocket, namun bedanya curtain yang satu ini bedanya punya tali pengikat ( bahasa sundanya tie back,,hehe ) sehingga ketika disibak akan membentuk dua kurva dan inilah yang membuat tab tampil cantik.

Awalnya, model tab ini lebih sering digunakan untuk model desain interior klasik, namun, tren yang mulai bergeser membuatnya diterapkan pula pada gaya interior lain, seperti minimalis modern.

Sheer atau Vitrase

Adalah model tirai jendela tipis yang tetap dapat memasukkan sinar matahari, hanya saja dalam intensitas kecil. Vitrase juga berfungsi menghalangi pandangan dari luar, sementara dari dalam ruang kita tetap bisa melihat keluar. Vitrase ini dapat dibuat menjadi beragam bentuk, misalnya curtain atau blinds.

Untuk bahannya,vitrase bermacam-macam bahannya ada lace/brokat, kain parasut sutra, muslin atau organdi, dan kain sintetis. Jenis yang lebih kasar dan bertekstur meliputi kain cita ( kain kasa tipis ), kain katu tipis, kain tenun, kain kasa, dan kain putih tipis.

Itulah beberapa informasi seputar Tirai jendela minimalis. Bila anda mencari atau ingin berkonsultasi dengan desainer interior, anda bisa langsung menghubungi kami, untuk nomer telepon bisa anda dapatkan di halaman contact website ini :) untuk konsultasi FREE alias bebas biaya. Dan bila anda membuat furniture maupun interior rumah pada kami, kami akan memberikan harga yang special untuk anda :)

Untuk artikel terkait lainnya, anda bisa membaca beberapa artikel berikut ini yaitu mengenai pencahayaan pada kamar mandi, desain interior di tangerang, dan model tirai jendela. Selamat membaca, Happy design :)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY