Tirai Jendela

Yukk Mengenal Lebih Jauh Tirai Jendela Kita ?

Tirai Jendela

Tirai Jendela – Tahukah anda bagaimana cara mempercantik jendela kita?? Dalam memperindah atau mempercantik  rumah, janganlah kita hanya memberikan sentuhan interior yang cantik saja, namun, jendela pun perlu kita perhatikan juga. Kenapa?? Kita tahu fungsi jendela sebagai pengatur sirkulasi udara rumah kita, namun, jendela juga perlu kita percantik. Alasannya adalah agar ruangan yang telah kita tata dengan desain interior yang baik, akan lebih lengkap lagi dengan interior jendela yang baik.

Bagaimana caranya memperindah jendela?? Salah satu caranya adalah dengan memberikan sentuhan tirai atau blinds. Mungkin kita semua sudah tahu apa itu tirai dan blind, tapi tahukah anda fungsi lain dari tirai dan blind tersebut?? Sedikit flashback, dulu,  jendela-jendela rumah hanya di tutupi oleh kain polos atau batik, namun, seiring perkembangan waktu, tirai dan blind sudah mempunyai banyak ragam dan jenisnya.

Lantas apa saja fungsi lain dari tirai dan blinds tersebut?? kedua pelengkap interior tersebut juga berperan sebagai pengontrol kuantitas cahaya yang masuk ke dalam hunian, selain itu juga menjaga privasi penghuninya. Namun, karena kehadirannya juga menyita perhatian, pelengkap interior ini juga mempunyai fungsi tambahan, yaitu sebagai estetika interior. Dengan kata lain, tirai dan blinds berpengaruh besar pada ambience ruang.

 Fungsi Tirai Jendela

Penutup Jendela

Fungsi utama dari tirai  jendela adalah sebagai penutup jendela, hal ini bertujuan untuk “mengatur” cahaya matahari yang masuk ke ruangan, dan untuk menjaga privasi dari penghuni rumah. Sedangkan jika dilihat dari segi visual dan rasa, jendela dengan penutup tampak “lebih” bila dibandingkan jendela-jedela yang polos. Dan kita sadari atau tidak, jendela dengan penutup dengan tirai atau blinds bisa mengubah arsitektur yang terkesan kaku menjadi lebih lunak. Tak heran jika ruang yang dilengkapi tirai atau blinds menjadi lebih nyaman.

Elemen dekoratif pembentuk mood

Kita tahu tirai dan blinds sangat berpengaruh pada tampilan estetika ruang. Kenapa? Karena hal ini tidak lain karena porsi penutup jendela ini cukup besar sehingga menyita perhatian siapapun yang melihatnya. Hal ini di dukung pula oleh posisinya yang cenderung sejajar dengan arah pandang manusia, baik saat berdiri maupun duduk. Singkatnya, penutup jendela ini berperan besar dalam membuat mood ruang.

Menjaga privasi

Seperti yang disebutkan diatas, tirai dan blinds mempunyai fungsi untuk mengatur/menjaga privasi penghuni rumah, khususnya pada malam hari. Bagaimana bisa?? Tirai yang tertutup akan menghalangi pandangan dari luar ke dalam, begitu juga sebaliknya. Hal ini penting jika anda sekeluarga ingin beraktivitas tanpa perasaan was-was karena dilihat atau diamati dari luar.

Bagaimana kalau siang hari ?? Masa harus menutup semua tirai?? Jangan khawatir, beberapa bahan, misalnya sheer dan vitrase, tetap mampu menghalangi pandangan luar ke dalam tanpa harus menutup jalan masuk sinatr matahari yang kita perlukan, dan hebatnya adalah walaupun terbatas, pandanga dari dalam ke luar masih bisa dilakukan.

Itulah beberapa informasi seputar tirai jendela.

 

[learn_more caption="Baca Juga" state="open"] Story Board

Desain Tangga

Cahaya di Ruang Makan

Pencahayaan Pada Kamar Mandi

Desain Interior di Tangerang [/learn_more]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>